10 Pemanah Wanita Terbaik Dunia 2023

Posted on

https://www.afyinfo.com/

Wanita merupakan sepertiga dari pemanah profesional, dan ada lebih dari empat juta wanita yang berpartisipasi dalam memanah. Itu angka yang sangat mencengangkan! Meskipun istilah pemanah muncul di beberapa kamus, kita hanya menyebut mereka sebagai pemanah terhebat di dunia. 

Sistem peringkat dalam panahan dimulai pada tahun 2001. Sistem ini menggunakan sistem poin untuk menghitung peringkat pemanah, yang mana setelah para atlit mengikuti turnamen Panahan Dunia maka peringkatnya secara otomatis akan dipublikasikan.

Panahan yang digunakan para atlet pemanah adalah jenis recurve. Panahan recurve berbeda dengan format lain karena busur recurve yang digunakan yaitu busur dengan ujung melengkung menjauhi pemanah, sedangkan senar menyentuh bagian tungkai saat digantung. Nah dalam pembahasan kali ini AfyInfo akan memahas mengenai pemanah wanita terbaik yang ada di dunia.

10 Pemanah Wanita Terbaik di dunia Tahun 2022.

1. Kim Soo-nyung (Korea Selatan)

afyinfo.com

Kim Soo-nyung berkompetisi pada tahun 1988, 1992, dan 2000 tim panahan Olimpiade untuk Korea Selatan. Soo-Nyang secara luas dianggap sebagai pemanah wanita terbaik sepanjang masa. Dia melakukan debut Olimpiade pada tahun 1988 dan dengan cepat menjadi pahlawan kota kelahirannya, meraih medali emas individu dan tim pada usia 17 tahun.

Kim telah memenangkan empat medali emas Olimpiade, satu untuk acara individu pada tahun 1988 dan tiga untuk acara tim pada tahun 1988, 1992, dan 2000. Dia memperoleh medali perak dalam acara individu pada tahun 1992 dan satu perunggu dalam acara individu pada tahun 2000.

Salah satu pemanah wanita terbaik sepanjang masa meraih medali emas di nomor beregu dan medali perunggu di nomor individu Asian Games 1986. Pada tahun 1989 dan 1991, ia juga mengklaim dua gelar dunia berturut-turut sebagai solo dan sebagai tim. Federasi Panahan Internasional menobatkan Kim sebagai Pemanah Wanita Abad ke-20 pada tahun 2011.

2. Chae-young (Korea Selatan)

afyinfo.com

Chae-young adalah salah satu pemanah wanita terbaik Korea Selatan, dan dominasinya dalam olahraga ini selama bertahun-tahun telah membuatnya mendapatkan julukan “The Destroyer.” Sementara dia saat ini menduduki peringkat ketiga di dunia oleh Federasi Panahan Dunia, banyak yang percaya dia sebagai pemanah wanita terbaik di dunia.

Young meraih 3 medali emas di Kejuaraan Dunia Panahan 2017 dan 2019 di Mexico City dan Hertogenbosch, Belanda, masing-masing, serta masing-masing satu medali emas di Asian Games 2018, Piala Dunia Panahan Hyundai 2019, dan pertandingan 2018 di Jakarta. Chae-young juga memegang rekor dunia untuk skor ronde 70m dengan skor 692 di Kejuaraan Panahan Dunia 2019.

3. Lisa Unruh (Jerman)

afyinfo.com

Lisa Unruh mulai berkompetisi secara internasional pada tahun 2006 ketika ia memimpin tim Jerman ke posisi 4 di Kejuaraan Eropa. Unruh telah memenangkan medali tim dan medali individu di Kejuaraan Indoor Eropa dan Dunia dan tahap Piala Dunia, serta medali perak di Piala Dunia Indoor 2012. Untuk pertama kalinya, ia lolos ke Final Piala Dunia di Lausanne pada tahun 2014. 

Unruh, salah satu pemanah wanita terhebat, memenangkan medali perak untuk Jerman di Olimpiade Musim Panas 2016 di Rio de Janeiro. Medali peraknya adalah pertama kalinya negaranya memenangkan medali individu di Olimpiade. Unruh membawa pulang medali emas pada World Games 2017 di Wroclaw, Polandia. Dia memenangkan medali perunggu dalam acara panahan tim di Olimpiade Musim Panas 2020 untuk Jerman.

4. Deepika Kumari (India)

afyinfo.com

Deepika Kumari adalah seorang pemanah profesional dari India. Dia berpartisipasi dalam memanah dan sekarang diberi peringkat No. 1 di dunia. Dia mendapatkan medali emas dalam acara recurve individu wanita di Commonwealth Games 2010. Dalam kompetisi yang sama, dia bersama Dola Banerjee dan Bombayala Devi meraih emas di ajang recurve beregu putri. Deepika telah memenangkan emas di dua dari tiga tahap Piala Dunia, satu di Guatemala dan yang lainnya di Paris. 

Dalam prosesnya, ia memulihkan posisi teratas di Piala Dunia Paris setelah sembilan tahun. Medali emas individu dimenangkan oleh Deepika Kumari di Tahap 1 Piala Dunia Panahan. Pencapaian Deepika yang tiada tara telah membuatnya menempati posisi ke-4 dalam daftar 10 pemanah wanita terbaik di dunia.

5. Lisa Barbelin (Prancis)

afyinfo.com

Pada ajang pemanah Eropa 2021 tersebut, Lisa Barbelin berhasil menjuarai ajang recurving dan menjadi kompetitor nomor satu di dunia pada Juni 2021. Dia telah memenangkan beberapa medali di Kejuaraan Panahan Pemuda Dunia sebelumnya dan mendapatkan perunggu di turnamen panahan piala dunia pada 2019. Barbelin memenangkan acara tes seleksi Olimpiade wanita Prancis pada Februari 2020. Sejak Bérengère Schuh pada tahun 2008, dia adalah wanita Prancis pertama yang memenangkan Kejuaraan Panahan Eropa. Lisa dianggap sebagai salah satu pemanah wanita terbaik di dunia.

6. Lei Chien-Ying (Taiwan)

afyinfo.com

Pemanah Taiwan Lei Chien-Ying dianggap sebagai salah satu pemanah wanita terbaik. Dia berkompetisi untuk negaranya dalam acara tim wanita dan acara tunggal wanita di Olimpiade Musim Panas 2012 Lei juga berkompetisi untuk Chinese Taipei di Olimpiade Musim Panas 2016 di Rio de Janeiro, di mana dia dan Tan Ya-Ting memenangkan perunggu dalam acara beregu putri. Dia mendapatkan medali emas di Kejuaraan Dunia 2019 di’s-Hertogenbosch. Di nomor individu dan tim putri, Lei Chein lolos ke Olimpiade Musim Panas 2020.

7. Ksenia Perova (Rusia)

afyinfo.com

Ksenia Vitalyevna Perova adalah seorang pemanah wanita dari Rusia. Dia mewakili negaranya dalam acara tim Wanita di Olimpiade Musim Panas 2012, dan dia melanjutkan untuk mengambil bagian dalam Olimpiade Musim Panas 2016. Ksenia menempati posisi ke-5 dalam kompetisi individu dan ke-4 dengan tim wanita Rusia di Olimpiade Musim Panas 2012. Dia berakhir di urutan ke-17 dalam acara individu di Olimpiade 2016, tetapi mendapatkan medali perak di acara tim, dengan Rusia dikalahkan oleh Korea Selatan di final. Pada Kejuaraan Panahan Eropa 2021 di Antalya, Turki, salah satu pemanah wanita terbaik berhasil meraih emas di ajang recurve beregu putri.

8. Zheng Yichai (Tiongkok)

afyinfo.com

Seorang pemanah Cina bernama Zheng Yichai adalah salah satu pemanah wanita berperingkat teratas di dunia. Pada Kejuaraan Panahan Asia 2019 di Bangkok, Thailand, ia meraih medali perak di nomor individu dan beregu. Pada tahun 2019, ia dan Feng Hao mendapatkan medali perak dalam acara beregu campuran di Military World Games 2019 di Wuhan, Cina.

9. Elena Osipova Elena (Rusia)

afyinfo.com

Aleksandrovna Osipova adalah salah satu pemanah wanita terbaik dari Rusia. Pada Kejuaraan Panahan Eropa 2021 di Antalya, Turki, ia memenangkan emas di kategori recurve beregu putri dan recurve beregu campuran. Dia juga berkompetisi di Olimpiade Musim Panas 2020 di acara individu putri. Elena mendapatkan perunggu dalam acara recurve beregu putri di Summer Universiade 2017 di Taipei, Taiwan, pada 2017. Salah satu pemanah putri Top meraih perak dalam acara beregu putri di Military World Games 2019 di Wuhan, Cina.

10. An San (Korea Selatan)

afyinfo.com

An San adalah seorang pemanah recurve wanita dari Korea Selatan. Pada Olimpiade Musim Panas 2020, ia memenangkan dua medali emas di kompetisi beregu putri dan beregu campuran. Selama Olimpiade Tokyo 2020, An juga membuat Rekor Olimpiade baru dengan 680 poin di Putaran Peringkat Panahan Perorangan Wanita. Pemanah muda dan salah satu pemanah wanita terbaik ini juga pernah berlaga di Piala Dunia Panahan 2019 di Berlin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *