10 Tempat Wisara Terbaik di Turki 2023, Yang Wajib Anda Kunjungi

Posted on

Merencanakan petualangan di luar musim di Turki? Berikut adalah 10 tempat indah untuk dikunjungi di musim dingin, semuanya dengan aktivitas khusus cuaca dingin dan pemandangan salju yang ajaib. Dari resor ski dan naik balon panas musim dingin hingga berendam di mata air panas terbuka, ada banyak hal yang dapat dilakukan di Turki pada musim dingin. Jelajahi jalan-jalan Istanbul bersama penduduk setempat, manjakan diri dengan perawatan hammam yang menghangatkan jiwa, bermainlah di lereng, atau jelajahi situs arkeologi tanpa keramaian.

Mungkin ini bukan musim liburan, tetapi kota-kota pesisir Turki tidak pernah kehilangan kilauannya, sementara keajaiban alam negara itu memancarkan cahaya baru: Semua danau beku, pegunungan dengan puncak es, dan gua-gua yang diselimuti salju. Musim dingin di Turki adalah suguhan istimewa dan sesuatu yang tidak akan segera Anda lupakan. Berikut adalah 10 Tempat Wisara Terpopuler di Turki 2022, Yang Wajib Anda Kunjungi

1. Istanbul

Kota terbesar di Turki adalah tujuan liburan musim dingin terbaik. Ketika cuaca dingin dan hanya ada sedikit orang di jalanan, harta karun berupa atraksi dan pengalaman spesial di Istanbul menjadi miliknya sendiri. Landmark populer di kota yang selalu indah ini yang ramai selama musim panas akan cukup kosong di musim dingin – jadi manfaatkanlah itu.

Istanbul menawarkan berbagai tempat untuk dikunjungi, mulai dari museum yang menarik hingga taman yang tenang dan bazaar yang ramai. Ada terlalu banyak restoran dan kafe yang luar biasa di mana Anda dapat menikmati hidangan Turki untuk dicantumkan. Mulailah setiap pagi seperti yang dilakukan penduduk setempat dengan secangkir kopi Turki yang mengepul, tradisi kuliner yang terdaftar di UNESCO.

Benteng dan waduk Istanbul menceritakan kembali sejarah kota dan warisannya yang kompleks. Di antara tempat-tempat di Istanbul yang harus Anda kunjungi adalah masjid-masjid bersejarahnya, Hagia Sophia, Masjid Ortakoy dan Masjid Biru, Istana Topkapi, Taksim, Tangki Basilika, Menara Galata, Museum Seni Turki dan Islam, dan tentu saja Grand Bazaar dan Bazar rempah-rempah.

2. CAPPADOCIA

Berkat pemandangannya yang indah, sejarah yang menawan, dan wahana balon udara yang layak dikunjungi, Cappadocia tetap menjadi salah satu atraksi utama Turki sepanjang bulan-bulan musim dingin. Pengunjung Cappadocia di musim dingin mungkin merasa lebih menyenangkan daripada di musim panas ketika orang banyak berduyun-duyun ke wilayah tersebut dan suhu meroket. Biasanya ada banyak salju di Cappadocia dari akhir November hingga awal Maret, menambah suasana.

Bentang alam Cappadocia yang menakjubkan yang dibuat dari letusan gunung berapi selama berabad-abad tidak akan terlupakan. Terlepas dari waktu sepanjang tahun, latar belakang yang kasar namun tenang ini luar biasa. Mereka yang berjiwa petualang akan menemukan iklim kering Cappadocia yang kondusif untuk hiking.

Ketika Anda mengunjungi Cappadocia, hotel gua adalah tempat menginap. Cappadocians membangun kota bawah tanah mereka ribuan tahun yang lalu dan sekarang ada berbagai macam hotel romantis dan nyaman yang terletak di lanskap. Masakan Cappadocian sangat cocok untuk musim dingin, terutama kebab pot tanah liat.

3. ANI

Salah satu tempat wisata yang jarang dikunjungi di negara ini, Ani adalah tempat lain di Turki yang benar-benar menghidupkan pesona di bulan-bulan yang lebih dingin. Terletak di ujung timur negara itu, Ani adalah kota tua Armenia di perbatasan Turki dan Armenia, hanya 40 menit berkendara dari Kars. Sorotan Reruntuhan Ani adalah banyak gereja Armenia abad pertengahan yang megah, yang mencerminkan yang terlihat di kota-kota Armenia modern seperti Gyumri. 

Anda akan segera melihat mengapa Ani dijuluki ‘Kota Seribu Satu Gereja dan Empat Puluh Gerbang’. Musim panas mungkin merupakan musim puncak, tetapi sebenarnya bukan waktu yang ideal untuk mengunjungi Ani. Sebaliknya, jauh lebih kuat untuk menyaksikan reruntuhan kuno ini di atas bukit yang tertutup salju selama musim dingin. Saat berada di Provinsi Kars, jangan lewatkan perjalanan ke Danau Cildir yang membeku.

4. LAKE CILDIR

Perjalanan sehari yang mudah dari Kars atau pemberhentian peluit di rute Dogu Express, Danau Cildir (‘danau bayangan’) adalah salah satu tujuan musim dingin paling klasik di Turki. Sama seperti Dataran Tinggi Javakheti di dekat perbatasan di Georgia, daerah ini mengalami kondisi seperti Arktik. Beku hingga delapan bulan dalam setahun, Danau Cildir adalah tempat di mana Anda dapat mengalami pemandangan alam ajaib musim dingin di musim gugur dan sepanjang musim semi. Kegiatan cuaca dingin yang populer di sini termasuk memancing di es dan naik troika di kereta luncur yang ditarik kuda. Anda bahkan dapat menyewa sepeda dan bersepeda di atas es – sangat tebal! Jangan lewatkan Gunay Canli Alabalik, sebuah restoran di sisi timur Cildir yang menyajikan ikan segar yang ditangkap dari danau.

5. ISHAK PASHA PALACE

Iklim di Provinsi Agri timur tidak bersahabat, dengan musim panas yang sangat panas dan musim dingin yang sangat dingin. Tapi ada baiknya menantang dinginnya Istana Ishak Pasha: Landmark bersejarah ini menangkap segala sesuatu yang membuat Turki di musim dingin menjadi indah. Meskipun berabad-abad ditinggalkan, istana Ottoman terus berdiri dengan bangga di atas tebingnya. Lebih dari 400 tahun setelah istana yang luas ini dibangun oleh generasi keluarga Pasha, lengkungan dan kubah klasiknya masih bertahan sebagai bukti kecerdikan mereka. Kunjungi istana untuk melihat fasad legendarisnya. Anda mungkin mengenalinya dari uang kertas 100 lira Turki. Istana Ishak Pasha benar-benar merupakan ikon budaya Turki dan terlihat sangat megah di tengah salju putih bersih.

6. PAMUKKALE

Permata musim dingin Turki lainnya untuk dikunjungi adalah Pamukkale, ‘Kastil Kapas’. Sebuah tujuan populer sepanjang tahun, ini adalah tempat untuk mengalami alam yang terbaik. Pertama kali digunakan sebagai resor spa oleh orang Romawi pada abad ke-2 SM, air panggang alami Pamukkale adalah salep yang sempurna untuk kaki yang dingin. Air panas yang meluap dari teras travertine yang bertumpuk kaya akan mineral dan membentuk bentuk dan pola yang indah saat mengalir ke bawah. Meskipun Pamukkale cenderung agak dingin di musim dingin, masih ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan dan dilihat, termasuk reruntuhan Yunani-Romawi di Hierapolis dan Kolam Cleopatra.

7. EPHESUS

Kota kuno Ephesus adalah salah satu situs arkeologi paling terkenal di Turki dan sejauh ini merupakan atraksi sejarah yang paling banyak dikunjungi selama musim panas. Ini karena kapal pesiar berlabuh di dekat Kusadasi, menyambut ribuan wisatawan setiap hari. Meskipun masih populer di musim dingin, keramaian di Ephesus jauh lebih sedikit daripada di bulan-bulan musim panas, yang berarti Anda akan memiliki lebih banyak ruang untuk menikmati reruntuhan kuno dan mendaki bukit-bukit di sekitarnya. Penggemar sejarah tidak perlu ragu untuk merencanakan liburan musim dingin mereka di Ephesus. Reruntuhan – termasuk teater tua yang megah dengan ruang untuk 25.000 penonton, Perpustakaan Celsus yang pernah menampung 22.000 gulungan, dan mosaik Bizantium yang indah – harus dilihat secara langsung untuk dipercaya.

8. THE KACKAR MOUNTAINS

Dengan beberapa jalur pendakian paling indah di dunia, Pegunungan Kackar adalah pemandangan bagi mata yang sakit dengan puncaknya yang tertutup salju dan tebing yang dramatis – dan pengingat bahwa beberapa tempat terindah di Turki ditemukan di alam. Terletak di belakang Pantai Laut Hitam dan kawasan teh Rize, lereng gunung curam, sebagian berhutan, dan sempurna untuk wisata ski di musim dingin. Beberapa padang rumput alpine yang bergulir menawarkan jalur menuruni bukit yang luar biasa. Titik tertinggi dari jajaran Kackar hampir 4.000 meter di atas permukaan laut. Sangat dingin di musim dingin, namun daerah ini tetap hidup dengan satwa liar sepanjang musim dan tidak jarang melihat beruang dan anaknya ketika keluar di lereng.

9. BOLU

Hal pertama yang terlintas dalam pikiran banyak orang ketika memikirkan Provinsi Bolu – terletak di tengah-tengah antara Istanbul dan Ankara – adalah kota-kota kecilnya yang cantik dan arsitektur vernakular Ottoman. Tetapi wilayah ini juga menawarkan alam menakjubkan yang berubah seiring perubahan musim.

Sebuah perjalanan singkat dari ibukota Turki, Bolu menjadi tujuan favorit untuk liburan akhir pekan segera setelah musim panas berakhir. Pada musim gugur, kota ini berenang di lautan kuning dan karat dan datang musim dingin, tertutup selimut salju.

Di sekitar Danau Abant, danau air tawar yang menakjubkan di Taman Nasional Yedigoller, Anda dapat menghargai warna-warni alam yang cemerlang, sementara Kartalkaya di dekatnya memiliki lereng ski untuk menyenangkan para penggemar olahraga musim dingin yang paling cerdas sekalipun. Ada lusinan chalet kecil tempat Anda bisa beristirahat dan bersantai juga.

10. THE ULUDAG MOUNTAINS

Merupakan rumah bagi salah satu resor ski paling terkenal di Turki, Pegunungan Uludag memiliki lereng sepanjang 28 kilometer untuk pemain ski pemula dan berpengalaman. Mayoritas pengunjung mendaki gunung melalui kereta gantung Uludag, yang memakan waktu sekitar 25 menit dan menempuh jarak 9 kilometer, menjadikannya yang terpanjang di Turki.

Musim ski jelas merupakan waktu paling populer untuk mengunjungi Uludag, dengan ski dan seluncur salju yang menarik banyak turis lokal dan internasional. Bahkan jika Anda bukan pemain ski, ada banyak hal yang dapat dilakukan di luar lereng. Safari salju adalah cara yang bagus untuk menikmati pemandangan musim dingin yang indah ini tanpa mengenakan alat ski.

Jangan lewatkan day trip ke Cumalikizik, yang terletak di kaki gunung dekat Bursa. Desa ini dicintai karena 270 puing-puing batu dan rumah kayunya, banyak yang dilestarikan dengan sempurna atau dipugar dengan penuh kasih. Anak-anak dan orang dewasa akan senang berjalan-jalan di museum etnografi yang hidup ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *