Cara Install Scoop di Windows dan Linux

Posted on

Tergantung pada preferensi Anda, penginstal grafis Windows dapat menjadi kutukan dan berkah. Jika Anda lebih suka terminal dan baris perintah, maka Scoop dapat sangat membantu Anda.

Dengan Scoop, Anda dapat menginstal program dengan perintah. Jika Anda terbiasa dengan Linux, maka Scoop dapat membuat penginstalan program lebih efisien dan lebih cepat. Baca terus untuk mengetahui apa itu Scoop, dan bagaimana Anda dapat menginstalnya di Windows.

Apa itu Scoop?

Scoop adalah penginstal baris perintah untuk Windows. Dengan Scoop, Anda dapat menginstal program dan plugin untuk terminal Anda. Scoop adalah alat yang hebat jika Anda adalah pengguna Linux yang telah beralih ke Windows, karena memungkinkan Anda menginstal program menggunakan terminal.

Menginstal program dengan Scoops menghapus antarmuka grafis dan menghilangkan pop-up izin. Scoop secara otomatis menemukan dan menginstal dependensi untuk program yang baru saja Anda instal.

Anda juga dapat menggunakan Scoop untuk membuat penginstal untuk program Anda sendiri. Secara keseluruhan, Scoop adalah pelipur lara pengguna Linux di lingkungan grafis Windows.

Cara Menginstal Scoop di Windows

Anda dapat menginstal Scoop di Windows 7 dan di atasnya. Anda memerlukan PowerShell 5 untuk menginstal Scoop. Secara alami, Anda tidak akan dapat menginstal Scoop jika PowerShell dinonaktifkan untuk akun Anda. Jadi, pastikan Anda mengaktifkan PowerShell.

Cara Menginstal Scoop di Windows :

1. Buka PowerShell. Anda dapat melakukan ini dengan mencari PowerShell di menu Start.

2. Di dalam PowerShell, ketik kode di bawah ini :

iwr -useb get.scoop.sh | iex

iwr adalah kependekan dari Invoke Web Request. Perintah ini memulai sesi untuk mengakses sesuatu di internet. Secara keseluruhan, baris perintah ini akan mengunduh dan menginstal Scoop.

3. Tekan enter. PowerShell sekarang akan menginstal Scoop.

Jika Anda mendapatkan kesalahan mengenai kebijakan eksekusi setelah Anda memasukkan baris perintah, masukkan perintah di bawah ini di PowerShell:

Set-ExecutionPolicy RemoteSigned -scope CurrentUser

Ini akan mengubah kebijakan eksekusi menjadi penandatanganan jarak jauh untuk akun Anda dan memungkinkan Anda untuk menginstal Scoop. Setelah Anda memasang sendok, Anda dapat menjalankan bantuan sendok di PowerShell atau Command Prompt untuk mendapatkan daftar perintah sendok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *