Apa itu Switch? Pengertian, Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanyanya

Posted on

  

Dengan meningkatnya jumlah perangkat berkemampuan internet dalam rumah tangga modern, kebutuhan akan lebih banyak port LAN adalah masalah umum. Meskipun titik akses Wi-Fi menangani perangkat seluler seperti ponsel dan tablet, koneksi kabel masih lebih disukai untuk komputer, konsol game, TV pintar, dan perangkat IoT penting yang diharapkan berfungsi 100% setiap saat.

Router sering memiliki tiga sampai lima port LAN. Tapi, bagaimana jika Anda membutuhkan lebih banyak? Di sinilah perangkat bagus yang dikenal sebagai sakelar jaringan ikut bermain. Mari kita bicarakan!

Apa itu Switch?

Switch jaringan adalah jembatan jaringan multiport yang meneruskan paket data melalui alamat perangkat keras (MAC) pada perangkat klien. Beberapa sakelar khusus juga menyampaikan data melalui lapisan jaringan (IP), selanjutnya menambahkan lebih banyak kontrol dan fungsionalitas ke jaringan.

Pada dasarnya, switch jaringan adalah perangkat yang Anda sambungkan ke router untuk menyediakan lebih banyak port LAN, sehingga Anda dapat menambahkan lebih banyak perangkat berkemampuan internet ke jaringan Anda.

Sakelar jaringan juga sering digunakan untuk mengatur banyak perangkat klien (komputer, TV pintar, konsol game, perangkat IoT, dll.) dalam pengaturan jaringan yang lebih besar. Memiliki kluster terorganisir dari jaringan yang lebih kecil di jaringan yang lebih besar dapat membantu Anda mengelola seluruh penyiapan dengan lebih cepat, memberikan keamanan yang lebih baik, dan mengurangi satu titik kegagalan dalam sistem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *