Cara Memperbaiki Steam Berhenti Download Error

Posted on

  

Bagi banyak orang, Steam adalah pintu ke dunia game karena koleksi gamenya yang besar dan kemampuannya untuk berbagi game dengan pengguna Steam lainnya. Meskipun ini adalah salah satu platform paling populer untuk membeli dan memainkan judul, terkadang Steam akan berhenti mengunduh game tanpa peringatan atau alasan yang jelas.

Cara Mudah Mengatasi Steam Download Stopping.

1. Restart  Komputer Anda

Sebelum menyalahkan Steam untuk masalah ini, restart PC atau laptop Anda. Memulai ulang perangkat Anda harus selalu menjadi langkah pertama dari proses pemecahan masalah karena mem-flush banyak status sistem dan cache, plus melepaskan kunci pada file atau sumber daya lainnya.

2. Periksa apakah Steam Sedang Online

Ada kemungkinan Anda offline karena kesalahan. Untuk memeriksa ini, klik Steam dari sudut kiri atas dan lihat apakah opsi Go Offline tersedia. Jika sepertinya Anda online, offline dan tunggu sampai perubahan terjadi. Steam akan meminta Anda untuk memulai ulang. Kemudian, kembali online.

3. Perbaiki Library Folder 

Library Folder  Steam Anda memiliki semua game yang diinstal pada disk dan terkadang file mereka bisa rusak. Ini menghentikan pembaruan folder dengan benar karena tidak dapat ditulis lagi. Untuk memperbaikinya, perbaiki folder perpustakaan Steam.

Di Steam, buka Settings > Download > Steam Library Folders. Kemudian, klik kanan folder tersebut dan pilih Repair Library Folder.

4. Hapus Cache Download Steam

Kami tidak berbicara tentang menghapus cache di Windows, macOS, atau di browser internet Anda karena ini mungkin tidak berpengaruh pada masalah Anda. Untuk mengunduh game lagi, Anda perlu menghapus cache unduhan Steam. Ini akan membuat klien Steam menghapus struktur cache lokal dan mendapatkannya dari server Steam.

Di akun Steam Anda, buka menu Setting. Kemudian, pilih Downloads > CLEAR DOWNLOAD CACHE.

5. Mengubah Wilayah Download Steam

Steam membagi server unduhan berdasarkan wilayah geografis, dan itu akan secara otomatis memilih wilayah untuk Anda. Wilayah tergantung pada alamat IP Anda saat ini dan Steam akan memilih server terdekat dengan Anda untuk memberikan kinerja terbaik.

Namun, lalu lintas di wilayah geografis Anda mungkin membebani server, membuatnya lambat, atau mungkin menyebabkan kegagalan perangkat keras, yang menyebabkan masalah pengunduhan. Untuk memperbaikinya, Anda dapat mengubah sementara wilayah unduhan untuk menggunakan set server Steam yang berbeda.

Di akun Steam Anda, buka Settings > Downloads > Download Region. Gunakan menu tarik-turun untuk menguji berbagai wilayah dan melihat mana yang berfungsi lebih baik.

6. Instal ulang Steam

Jika Anda memilih untuk mencoba solusi ini, pastikan Anda menginstal ulang Steam ke lokasi yang sama di mana saat ini diinstal. Ini akan mempertahankan semua game yang diinstal.

7. Izinkan Steam Melalui Firewall di Windows

Firewall Anda mungkin memblokir Steam sehingga tidak dapat terhubung dengan benar ke servernya. Untuk memperbaikinya, izinkan Steam melalui firewall untuk jaringan publik dan pribadi. Berikut adalah bagaimana Anda dapat melakukannya:

  • Buka Control Panel.
  • BukaView by dan pilih Large icons atau Small icons.
  • Pilih Windows Defender Firewall.
  • Dari menu sebelah kiri, klik Allow an app or feature through Windows Defender Firewall.
  • Pilih Change Settings dan centang kedua kotak untuk Private and Public.
  • Luncurkan Steam dan periksa apakah masalahnya masih ada.


8. Periksa File Lokal

Jika Steam tidak dapat mengunduh pembaruan untuk salah satu game Anda, periksa kebenaran file game yang diinstal dan minta Steam memperbaiki masalah yang terdeteksi.

Untuk memeriksa integritas file game, buka perpustakaan Steam Anda. Kemudian, klik kanan game, dan arahkan ke Properties > Local Files > Verify Integrity of the Game Files.


9. Matikan Overclocking


Beberapa pengguna Steam suka melakukan overclock pada perangkat keras sehingga mereka mendapatkan kinerja yang lebih baik, karena mereka menjalankan sistem di luar pengaturan yang direkomendasikan oleh produsen. Meskipun ini memungkinkan Anda untuk memainkan lebih banyak game tanpa memutakhirkan PC atau laptop Anda, nonaktifkan karena dapat menyebabkan kerusakan file atau memori.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *