Cara Setting IP Address di PC dan Laptop

Posted on

  

Jika Anda menggunakan Raspberry Pi sebagai server atau sering mengaksesnya dari jarak jauh dari perangkat lain, menyetel alamat IP statis untuk itu adalah ide yang sangat bagus. Ini berarti Anda akan dapat menemukannya di alamat IP tetap Raspberry Pi yang sama setiap saat, daripada alamat baru yang disetel secara dinamis setiap kali di-boot ulang. Ini juga berguna untuk menghindari kebingungan ketika Anda memiliki beberapa perangkat Raspberry Pi yang terhubung ke jaringan Anda.

Cara Setting IP Address di Windows 10 dan 11 :

1. Konfigurasi DHCP

Raspberry Pi OS (sebelumnya dikenal sebagai Raspbian) menggunakan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) untuk menetapkan alamat IP ke Raspberry Pi secara otomatis setiap kali di-boot ulang. 

Untuk mengubah perilaku Raspberry Pi OS sehingga menggunakan alamat IP statis yang sama setiap kali, Anda perlu memodifikasi file konfigurasi untuk daemon klien DHCP, dhcpcd.conf.

Sebelum itu, Anda memerlukan beberapa informasi tentang pengaturan jaringan Anda saat ini sehingga Anda dapat menambahkan detail yang diperlukan ke file konfigurasi. Anda akan memerlukan info berikut :

1. Jenis koneksi jaringan. Ini adalah wlan0 jika Raspberry Pi Anda terhubung ke router secara nirkabel, atau eth0 jika terhubung menggunakan kabel Ethernet.


 2. Alamat IP Raspberry Pi yang saat ini ditetapkan, paling aman untuk menggunakan kembali ini untuk IP statisnya sehingga Anda dapat yakin bahwa yang terakhir belum pernah ke perangkat lain di jaringan. Jika tidak, pastikan perangkat lain belum menggunakannya.

Untuk menemukan alamat IP Raspberry Pi saat ini, masukkan perintah berikut di Terminal Anda :
hostname -I
3. Alamat IP gateway router Anda, yang digunakan untuk menghubunginya dari jaringan lokal, bukan IP publiknya. Ini bervariasi tergantung pada model router, tetapi biasanya dimulai dengan 192.168.
Untuk menemukannya, masukkan perintah berikut dan catat alamat IP pertama yang diberikan :

ip r | grep default

4. Alamat IP DNS (Sistem Nama Domain) router Anda. Ini biasanya sama dengan alamat gatewaynya, tetapi dapat diatur ke nilai lain untuk menggunakan DNS alternatif, seperti 8.8.8.8 untuk Google, atau 1.1.1.1 untuk Cloudflare.


Untuk menemukan alamat IP DNS saat ini, masukkan perintah :

sudo nano /etc/resolv.conf
5. Catat alamat IP setelah nama server  – alamat DNS – lalu tekan Ctrl + X untuk menutup file.

2. Tambahkan Pengaturan IP Static

Sekarang Anda telah menemukan semua informasi koneksi jaringan Anda, saatnya untuk mengedit file konfigurasi dhcpcd.conf. untuk menambahkan pengaturan yang Anda butuhkan untuk mengatur alamat IP Static untuk Raspberry Pi Anda :

sudo nano /etc/dhcpcd.conf

Jika Anda belum pernah mengedit file sebelumnya, file tersebut akan berisi berbagai baris komentar yang didahului oleh simbol hash (#). Di bagian bawah, tambahkan baris berikut, ganti nama yang ditebalkan dengan detail jaringan Anda sendiri :
interface NETWORK 
static ip_address=STATIC_IP/24
static routers=ROUTER_IP 
static domain_name_servers=DNS_IP

Ganti nama yang ditebalkan sebagai berikut :

• NETWORK – jenis koneksi jaringan Anda: eth0 (Ethernet) atau wlan0 (nirkabel).

• STATIC_IP – alamat IP statis yang ingin Anda atur untuk Raspberry Pi.

• ROUTER_IP – alamat IP gateway untuk router Anda di jaringan lokal.

• DNS_IP – alamat IP DNS (biasanya sama dengan alamat gateway router Anda).

Berikut adalah contoh konfigurasi untuk mengatur IP statis ke 192.168.1.120 dengan koneksi nirkabel ke router di 192.168.1.254:
interface wlan0
static ip_address=192.168.1.120/24
static routers=192.168.1.254
static domain_name_servers=192.168.1.254

Setelah Anda memasukkan pengaturan, tekan Ctrl + X lalu dan ENTER untuk menutup dan menyimpan file konfigurasi yang dimodifikasi.

3. Melakukan Restart Raspberry Pi Anda.

Dengan file konfigurasi dhcpcd.conf yang dimodifikasi, restart Raspberry Pi Anda untuk melakukan perubahan dan atur alamat IP statis untuknya :

sudo reboot

Daripada menggunakan alamat yang ditetapkan secara otomatis oleh DHCP, Raspberry Pi sekarang akan mencoba untuk terhubung ke router menggunakan alamat IP statis baru yang Anda tetapkan di file dhcpcd.conf.

Untuk memeriksa apakah itu berfungsi dengan benar, masukkan perintah berikut :
hostname -I

Anda sekarang akan melihat alamat IP statis yang Anda tetapkan di file konfigurasi dhcpcd.conf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *