7 Cara Memperbaiki Widget Yang Tidak Muncul dan Tidak Merespon di Andorid

Posted on

  

Widget adalah cara yang bagus untuk menambahkan informasi sekilas ke layar beranda Anda. Sementara widget telah ada di Android atau PC Anda selama berabad-abad, baru-baru ini pengembang telah mempertimbangkan estetika dan fungsionalitas dengan lebih baik. Hal ini mendorong orang-orang yang tidak pernah menggunakan widget tiba-tiba mengadopsi gaya hidup yang penuh dengan jalan pintas.

Sayangnya, widget Android dan PC terkenal karena tidak memperbarui informasi secara real-time, atau lebih buruk lagi, sama sekali tidak responsif. Berikut adalah beberapa cara Anda dapat memperbaiki gangguan ini untuk menikmati menggunakan widget lagi.

7 Cara Memperbaiki Widget yang Tidak Responsif di PC/Laptop, Mac dan Android.

1. Mengunakan Aplikasi

Widget adalah ekstensi dari aplikasi yang terpasang di ponsel Anda. Widget mengharuskan aplikasi terus berjalan di latar belakang untuk mengambil dan menampilkan informasi. Ponsel dengan RAM yang tidak memadai sering mematikan aplikasi untuk memberi ruang bagi yang sedang Anda gunakan. Cukup meluncurkan aplikasi yang tidak aktif untuk sementara waktu dapat menghidupkan kembali widget.

Selain itu, Anda dapat mengunci aplikasi di memori jika itu didukung oleh perangkat Android Anda. Buka layar aplikasi terbaru, ketuk dan tahan aplikasi yang ingin Anda sematkan ke memori ponsel, lalu ketuk Kunci. Aplikasi yang terkunci ditandai dengan ikon kunci kecil di dekat nama aplikasi. Anda tidak akan dapat menggeseknya dari layar aplikasi terbaru sampai Anda membukanya dengan cara yang sama. Detail pasti dari proses ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada pabrikan ponsel Anda.

2. Melakukan Restart

Terkadang reboot  adalah cara yang diperlukan agar layanan latar belakang di ponsel atau PC Anda dimuat dengan benar. Ini juga memaksa aplikasi dan widget di layar beranda Anda untuk mengubah persnelingnya. Untuk memulai ulang perangkat Anda, tahan tombol power button dan kemudian Restart.

3. Melakukan Remove dan Add Remove Pada Widget Anda.

Cara efektif lain untuk memperbaiki widget yang tidak responsif adalah dengan menghapus dan menambahkannya kembali. Untuk menghapus widget dari layar beranda, ketuk dan tahan widget, dan seret ke arah label Hapus (sebagai alternatif, Anda mungkin perlu mengetuk tombol yang bertuliskan Hapus Dari Rumah, atau yang serupa).

Untuk menambahkan kembali widget yang sama, ketuk dan tahan ruang kosong di layar beranda, ketuk Widget, lalu pilih yang Anda inginkan.

4. Nonaktifkan Pengoptimalan Baterai

Ponsel dengan produsen Android tertentu dapat mengalami efek buruk dari pengoptimalan baterai yang berat. OxygenOS adalah contoh bagus dari Android yang bersalah karena membatasi aplikasi dari memperbarui widget mereka atau bahkan mengirim pemberitahuan tepat waktu. Menonaktifkan pengoptimalan baterai per aplikasi akan mencegah ponsel Anda mematikan aplikasi saat berada di latar belakang, yang selanjutnya membuat widget tidak berguna.

  • Tekan lama aplikasi atau widget yang pengoptimalan baterainya ingin Anda nonaktifkan.
  • Klik App Info dan arahkan ke Advanced > Battery.
  • Klik Battery Optimization dan pilih Don’t optimize.
5. Periksa Pembaruan Aplikasi

Widget yang tidak responsif juga bisa disebabkan oleh aplikasi buggy. Pengembang menghabiskan banyak waktu untuk memperbarui aplikasi mereka, tidak hanya untuk menambahkan fitur baru tetapi juga untuk menghilangkan bug. Buka Google Play Store dan periksa pembaruan aplikasi yang tersedia di bawah bagian My Apps

6. Hapus Data dan Cache Aplikasi.

Meskipun mencopot dan menginstal ulang seluruh aplikasi mungkin tampak seperti perbaikan yang logis, ada cara yang lebih cepat untuk melakukannya. Menghapus cache pada perangkat Android Anda akan menghapus semua file sementara yang telah dibuat aplikasi dan akan memaksanya untuk membuat ulang file yang diperlukan saat Anda meluncurkannya lagi. Untuk sebagian besar, menghapus data cache dari suatu aplikasi adalah semua yang Anda butuhkan untuk memperbaiki widget yang tidak responsif.

Namun, Anda dapat bekerja lebih keras dan menghapus data aplikasi untuk mengembalikannya ke pengaturan pabrik. Hanya penafian, menghapus data aplikasi akan mengeluarkan Anda dari aplikasi dan menghapus data apa pun yang belum disimpan di penyimpanan internal ponsel Anda atau dicadangkan oleh cloud. Kami menyarankan Anda membuat cadangan cloud atau lokal, jika tersedia, sebelum Anda menghapus data aplikasi.

  • Tekan atau tahan widget atau aplikasi yang sesuai dengan widget.
  • Klik App Info dan pilih Storage & cache dari opsi.
  • Kemudian bersihkan cache terlebih dahulu dan lihat apakah itu memperbaiki masalah. Jika tidak, hapus juga data aplikasi.
  • Selanjutnya atur aplikasi dengan kredensial login Anda. Anda mungkin perlu menambahkan kembali widget jika Anda setelah menghapus data aplikasi.
7. Perbarui Ponsel Anda

Opsi terakhir, meskipun sulit, mungkin memperbaiki widget yang tidak responsif di layar beranda Anda. Selain itu, selalu up-to-date dengan versi perangkat lunak terbaru memberi Anda privasi dan keamanan yang lebih baik. Arahkan ke Settings > System > System Update dan instal versi Android terbaru Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *