Cara Mengurutkan Data di Excel Dengan Rumus/Fungsi SORT

Posted on

 

Excel adalah alat utama untuk berinteraksi dengan dan menyajikan data. Semakin mudah dibaca data Anda, semakin mudah untuk dipahami. Salah satu cara untuk membuat array dan tabel lebih mudah dibaca di Excel adalah dengan mengurutkannya. Excel memiliki banyak fitur yang dapat Anda gunakan untuk tujuan ini, termasuk fungsi SORT.

Fungsi SORT membiarkan tabel asli tidak berubah dan sebagai gantinya membuat salinan yang diurutkan di spreadsheet Anda. Baca terus untuk mengetahui apa fungsi SORT dan bagaimana Anda dapat menggunakannya di Excel.

Apa Fungsi Rumus/SORT?

SORT adalah fungsi inti di Excel yang mengambil array, lalu mengurutkannya berdasarkan parameter yang Anda masukkan untuknya. Fungsi SORT dapat mengurutkan kolom dan baris, dan Anda dapat menentukan kolom atau baris mana yang akan digunakan untuk mengurutkan array Anda. Sintaks untuk fungsi SORT adalah sebagai berikut :

=SORT (array, [sort_index], [sort_order], [by_col])

  • array : Array yang ingin Anda urutkan menggunakan fungsi ini.
  • sort_index : Baris atau kolom yang harus diambil oleh fungsi sebagai dasar pengurutan. Ini akan menjadi satu angka yang dihitung dari titik awal array.
  • sort_order : Ini akan menentukan apakah array harus diurutkan dalam urutan menaik atau menurun. 1 naik, -1 turun.
  • by_col : Menunjukkan apakah kolom harus diurutkan atau baris. Menyetel ini ke TRUE akan mengurutkan kolom, yang digunakan dalam larik horizontal. Menyetelnya ke FALSE akan mengurutkan baris, yang digunakan dalam array vertikal.
Satu-satunya parameter wajib di sini adalah array itu sendiri. Semua parameter lainnya bersifat opsional, dan Anda dapat membuat fungsi sortir berfungsi hanya dengan array. Secara default, fungsi akan menganggap sort_index sebagai 1, sort_order sebagai 1, dan by_col sebagai FALSE.

Jika Anda lebih menyukai orang makro, Anda juga bisa menggunakan makro Excel untuk menyortir data, bukan fungsi.

Cara Menggunakan Fungsi SORT di Excel


Dalam contoh spreadsheet ini, kami memiliki total poin yang telah dikumpulkan setiap pemain dalam permainan papan. Spreadsheet ini berisi dua tabel, satu vertikal dan satu horizontal, termasuk nama pemain dan poin mereka.

Tujuannya adalah untuk mengurutkan tabel berdasarkan skor dalam urutan menurun. Pemain dengan skor tertinggi akan berada di bagian atas tabel yang diurutkan. 

Cara Mengurutkan Baris dengan Rumus/Fungsi SORT

Pertama, mari kita urutkan tabel vertikal. Sebelum memulai, mari kita lihat bagaimana kita ingin tabel yang diurutkan. Tujuannya adalah untuk mengurutkan tabel (A2:B11) berdasarkan poin (kolom kedua dari kiri). Tabel ini akan diurutkan dalam urutan menurun, dan baris akan diurutkan.

Sekarang kita dapat mengurutkan tabel :

1. Pilih sel tempat Anda ingin meletakkan tabel baru yang diurutkan. Itu akan menjadi sel D2 dalam contoh ini.

2. Masukkan rumus di bawah ini :

=SORT(A2:B11, 2, -1, FALSE)

Rumus ini memanggil fungsi SORT dan memerintahkannya untuk mengurutkan larik di A2:B11. Kemudian menginstruksikan untuk mengurutkan array berdasarkan kolom kedua (2) , dan mengurutkannya dalam urutan menurun (-1). Terakhir, rumus menginstruksikan SORT untuk mengurutkan baris, karena parameter by_col diatur ke FALSE.

3. Tekan enter. Excel sekarang akan membuat salinan tabel Anda yang diurutkan!

Cara Mengurutkan Kolom dengan Rumus/Fungsi SORT :

Bagian kedua dari tugas ini adalah mengurutkan tabel horizontal. Tujuannya adalah untuk mengurutkan tabel kedua (H1:Q2) berdasarkan poin (baris kedua dari atas) dan mengurutkannya dalam urutan menaik.

1. Pilih sel tempat Anda ingin memperlihatkan tabel yang diurutkan. Ini akan menjadi sel H6 dalam contoh ini.

2. Masukkan rumus di bawah ini :

=SORT(H1:Q2, 2, 1, TRUE)

Rumus ini memanggil fungsi SORT untuk mengurutkan larik di H1:Q2. Array diurutkan berdasarkan nilai di baris kedua (2) dan dalam urutan menaik (1). Karena array horizontal, kolom diurutkan. Jadi, by_col disetel ke TRUE.

3. Tekan enter. Excel sekarang akan mengurutkan tabel horizontal.

Jika Anda ingin mengurutkan tabel menurut tanggal tanpa membuat salinan baru, Anda bisa menggunakan alat Urutkan & Filter di Excel. Dengan cara ini, Anda tidak perlu menggunakan fungsi apa pun, dan perubahan akan diterapkan ke tabel asli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *