5 Cara Mudah Memperkuat Sinyal WiFi di iPhone, Ini Solusinya?

Posted on

 

Koneksi Wi-Fi adalah fungsi penting dari semua iPhone—tetapi terkadang sinyal yang buruk mengganggu penjelajahan web, menggunakan aplikasi, atau streaming. Dalam hal ini, Anda harus mencari cara untuk meningkatkan kinerja Wi-Fi di iPhone Anda.

Berikut adalah 5 Cara Mudah Memperkuat Sinyal WiFi di iPhone, Ini Solusinya? 

1. Restart Router Anda

Ini adalah langkah yang sering diabaikan, tetapi terkadang memulai ulang router adalah semua yang diperlukan untuk memperbaiki masalah Wi-Fi di iPhone Anda—terutama jika perangkat lain mengalami masalah. Memulai ulang router Anda akan mengembalikannya ke kondisi baru, menyelesaikan masalah sementara apa pun.

Untuk memulai ulang router Anda, cukup temukan tombol daya fisiknya dan matikan dan nyalakan kembali. Sebagai alternatif, Anda dapat mencabut steker listrik. Tunggu sekitar satu menit sebelum menyalakannya kembali.

Jika Anda mencapai akhir panduan ini dan Wi-Fi iPhone Anda masih belum membaik, masalahnya mungkin terletak pada router Anda. Ikuti panduan pemecahan masalah kecepatan router kami untuk bantuan lebih lanjut; melakukan reset router lengkap mungkin diperlukan dalam kasus-kasus ekstrim.

2. Menempatkan Router di Lokasi atau Posisi Yang Tepat

Sinyal Wi-Fi rata-rata memiliki jangkauan sekitar 150 kaki di dalam ruangan. Jarak yang lebih jauh antara iPhone dan router menghasilkan sinyal yang lebih lemah, jadi pertimbangkan untuk memindahkan router lebih dekat ke tempat Anda paling sering menggunakan ponsel.

Sinyal Wi-Fi juga dapat diblokir oleh barikade, seperti dinding dan lantai. Coba posisikan router di tempat yang dapat dilihat, jauh dari penghalang. Memasang router Anda lebih tinggi membantu menghindari gangguan dari furnitur dan sejenisnya.

Untuk memeriksa kekuatan koneksi Anda di iPhone, lihat garis berbentuk kerucut di sudut kiri atas, yang menunjukkan kekuatan Wi-Fi. Tiga batang berarti sinyalnya kuat, dua batang sedang, dan satu batang berarti lemah.

Jika Anda tinggal di sekitar banyak orang, kemacetan jaringan juga bisa menjadi masalah. Ikuti panduan kami untuk mengubah saluran di router Anda untuk memilih sesuatu yang tidak terlalu padat.

3. Ganti Casing iPhone Anda

Sebagian besar bahan yang digunakan dalam produksi casing ponsel tidak menghalangi atau mengganggu sinyal Wi-Fi. Namun, beberapa kaleng—ini biasanya kotak logam. Logam mengganggu transmisi dari antena, yang terletak di suatu tempat di dekat bagian atas iPhone Anda, tergantung pada modelnya.

Jika casing ponsel Anda berlapis logam, ganti dengan silikon, plastik, atau kulit. Anda juga harus menghindari penggunaan cincin logam atau PopSockets yang menempel di bagian belakang telepon.

4. Kurangi Aktivitas Jaringan Berat

Unduhan, streaming, dan aplikasi tertentu dapat menghabiskan bandwidth yang tersedia. Anda harus memeriksa apa yang menggunakan bandwidth Anda untuk menentukan penyebab yang jelas. Jika ini tidak menghasilkan apa-apa, Anda harus menjalankan setiap aplikasi atau fungsi satu per satu, satu per satu, untuk melihat mana yang memengaruhi Wi-Fi.

Untungnya, ada juga beberapa cara untuk mengurangi jumlah bandwidth yang digunakan iPhone Anda. Pertama, Anda dapat memeriksa aplikasi mana yang cenderung melahap bandwidth paling banyak dengan melihat penggunaan datanya di iPhone Anda. Bergantung pada kapan terakhir kali Anda menyetel ulang statistik, ini mungkin tidak terlalu akurat.

Berikut cara untuk memeriksa penggunaan data di iPhone Anda :

1. Buka Pengaturan Data Seluler.
2. Scroll bagian ke daftar aplikasi, pada periode ini lihat penggunaan datanya tepat di bawah nama.



Selanjutnya, Anda dapat mematikan pembaruan aplikasi otomatis untuk mengurangi penggunaan bandwidth Anda.

Berikut caranya :

1. Buka Pengaturan App Store.
2. Matikan App Updates.


5. Rajin melakukan Update iOS


Perangkat dengan perangkat lunak yang kedaluwarsa dapat mengganggu koneksi Wi-Fi Anda. Pembaruan iOS memperbaiki bug dan meningkatkan pengoperasian iPhone secara keseluruhan, termasuk kinerja jaringan.

Cara memperbarui iOS :

1. Buka Settings > General.
2. Pilih Software Update.
3. Jika ada pembaruan yang tertunda, pilih untuk menginstalnya.


Pentin : ingatlah untuk mencadangkan iPhone Anda sebelum memperbarui untuk menghindari kehilangan data penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *