8 Urutan Ular Paling Berbisa di Dunia 2023, Salah Satu Ada di Kalimantan

Posted on

Siapa sih di dunia yang tidak tahu ular, mendengarnya sebutannya saja sudah membuat bulukiduk kita merinding, ya hewan melata ini memang mengerikan selain bentuknya yang bersisik ia juga memiliki bisa yang sangat berbahaya bagi manusia. Memang ada jugasih yang tidak berbahaya namun juga jika melilit juga dapat membunuh manusia. Ada juga yang sangat berbahaya  dan beracun yang bisanya mampu membunuh manusia hanya dengan satu tetes bisanya. Mari kita bahas mengenai ular paling berbahaya yang ada di penjuru dunia.


8 Ular Paling Berbisa di Dunia Tahun 2019


Berikut adalah 8 ular paling berbisa dan mematikan di dunia tahun 2023 : 


1. Tiger Snake


Ular macan atau disapa Tiger snake merupakan ular yang memiliki racun yang dapat mematikan saraf. Tiger Snake sering ditemukan di Australia. Racun ular ini dapat membunuh hanya dalam waktu 30 menit  tetapi beredarnya kabar bahwa racun ular membutuhkan waktu 6-24 jam untuk mematikan semua sel saraf.


Sebelum ditemukannya Anti bisa untuk ular ini, tingkat kematian akibat gigitan ular Tiger Snake ini mencapai 60-70%. Gejala gejala yang ditimbulkan akibat gigitan ular ini  adalah rasa sakit pada bagian kaki dan daerah leher, kaki merasa kesemutan atau mati rasa dan juga berkeringat yang diikuti oleh gejala kesulitan bernapas dan kelumpuhan.



2. Ular Fierce


Ular Fierce atau yang disebut Inland Taipan merupakan ular paling berbisa yang hidu di darat. Menurut para peneliti, satu gigitan saja bisa menghasilkan bisa 110 mg racun. Dan dengan jumlah racun sebanyak ini mampu membunuh sekitar 100 orang atau 250.000 tikus.



Bisa yang dimiliki oleh ular fierce memiliki kekuatan 10 kali lebih berbisa dari ular derik dari Gurun Mojave dan 50 kali lebih kuat dari bisa kobra. Bisa ular fierce dapat mematian manusia dewasa hanya kurun waktu 45 menit. Namun, ular fierce ini tidak begitu agresif dan sangat jarang ditemui. 


3. Ular Eastern Brown


Ular eastern brown ini merupakan ular yang memiliki habitat di Australia bagian Tengah. Ular Eastern ini dapat bergerak dengan sangat cepat dan juga agresif. Ular juga merpakan ular yang sangat tangguh ia mampu bertarung dengan cara berulang ulang kali menyerang lawan atau mangsanya.


Ular Eastern brown juga memiliki bisa yang mampu mematikan sel saraf dan juga dapat menggumpalkan darah. Dan fakta yang menariknya bisa sebanyak 2 mg saja sudah cukup untuk membuat tewas manusia dewasa. 


4. Ular Taipan


Ular taipan juga merupakan ular  yang memiliki habitat di Australia. Ular taipan juga memiliki bisa yang sangat luar biasa beracun,satu tetes saja sudah cukup untuk membunuh 12.000 marmut. Efek dari bisa ular ini juga bisa menggumpalkan darah korbannya sehingga bisa menghambat pembuluh arteri. 


Menurut beredarnya kabar tidak ada korban yang dapat selamat dari gigitan ular taipan ini. Racun ular taipan bisa membunuh hanya dalam waktu satu jam. Ular taipan ini juga memiliki kemirip dengan ular mamba hitam dari Afrika dalam morfologi dan perilaku.


5. Mamba Hitam


Nah ular mamba hitam ini juga termasuk ular yang bersal dari benua Afrika. Ular mamba hitam ini merupakan ular yang juga sangat agresif dan dapat menyerang secara presisi yang sangat mematikan. Dan ular ini juga dinobatkan sebagai ular tanah tercepat di dunia. Ular ini mampu bergerak dengan kecepatan mencapai 20 km/jam. Sangking cepatnya ular ini mampu menyerang hingga 12 kali berturut-turut.


Satu gigitan dari ular ini mampu membunuh 10-25 orang dewasa. Bisa ular ini juga memberikan efek mematikan saraf yang sangat cepat. Satu gigitan biasanya mempu menghasilkan bisa sekitar 100-200 mg racun.



Gejala yang ditimbulkan dari ular ini adalah rasa sakit di bagian gigitan, kemudian kesemutan di mulut dan kaki, kondisi badan demam, air liur yang dikeluarkan berlebihan dan mengeluarkan busa dari mulut dan hidung, dan melemahnya otot otot pada tubuh.  racun ular ini dapat mematikan manusia hanya dalam waktu 15 menit hingga 3 jam.


6. Krait Biru


Ular yang satu ini dapat ditemukan di seluruh Asia Tenggara terutama di Indonesia. Ular ini memiliki bisa yang sangat berbahaya bahkan 50% gigitan krait biru dapat mematikan manusia bahkan dengan menggunakan antibisa sekalipun. Krait Biru ini memiliki sifat kanibal dan juga sangat tangguh pasalnya ular ini berburu dan membunuh ular lain, bahkan mengorbankan krait lainnya sebagai mangsanya. Jenis ular ini berkembang biak pada malam hari dan juga meiliki sifat agresif dalam kegelapan.


Bisa dari ular Krait ini  mampu mematikan saraf lebih kuat 16 dari ular kobra. Walaupun, antibisa sudah diberikan kepada korbannya belum tentu korban bisa selamat. Bisa ular Krait mampu mematian korbannya dalam waktu 6 -12 jam.


7. Ular Derik


Ular derik atau ular dengan nama kimia rattlesnake merupakan satu-satunya ular yang hidup di Amerika dalam. Ular ini sangatlah mudah untuk ditandai karena pasalnya ular ini selalu mengeluarkan suara kresek kresek pada bagian ekornya. Ular derik ini dikenal sangat agresif pasalnya ular ini mampu menyodokk hingga lebih dari 2 – 3 panjang tubuhnya. Jenis bisa ular yaitu Ular muda lebih bahaya daripada ular dewasa karena ketidak mampuannya mengontrol jumlah racun yang disuntikkan kepada para korbannya.


Sebagian besar spesies ular ini memiliki racun hemotoksik yang dapat merusak jaringan dan organ tubuh serta menyebabkan gangguan pembekuan pada darah. Gejala yang dihasilkan dari ular ini yaitu kesulitan bernapas, kelumpuhan, dan pendarahan yang terus-menerus.


8. Ular Viper


Ular Viper merupakan ular yang bisa ditemukan di seluruh dunia, Ular ini memiliki jenis yang berbeda beda ,namun yang paling berbisa adalah jenis saw scaled viper dan chain viper yang ditemukan di Timur Tengah, khususnya India, Cina dan Asia Tenggara. Ular Viper merupakan ular yang emosian dan cepat marah, bergerak cepat, dan umumnya aktif pada malam hari atau setelah hujan. Racun atau bisa dari ular ini dapat membunuh manusia dalam waktu yang cukup lama  yaitu  1-14 hari.








Berikut adalah 8 jenis ular paling beracun di dunia, Menurut kalian ular manakah yang sangat mematikan, Berikan pendapat kalian di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *