6 Hewan Tercepat di Dunia, No1 Lebih Cepat Dari Pada Cheetah

Posted on

Secepat apakah Anda berlari? Apakah Anda yakin kecepatan Anda bisa mengalahkan  hewan dalam berlari? Nyatanya, dilansir dari Conservative Institute, manusia tercepat hanya mampu berlari 65 km/jam.

Sementara, untuk pelari sprint hanya 20-24 km/jam. Nah kali ini kita akan membahas mengenai hewan tercepat yang ada di penjuru dunia  dan jangan harap kamu bisa mengalahkan kecepatan hewan ini.



Top 6 Hewan Tercepat di Dunia



Berikut adalah daftar top 6 hewan tercepat di dunia :


1. Burung cikalang


Nah diurutan pertama ada burung cikalang atau Fregata Magnificens  burung ini bisa terbang melebihi kecepatanmu di jalan raya, bahkan saat jalanan sepi sekalipun.
Burung yang satu ini memiliki fisik yang sangat cocok bagi dirinya yakni burung ini mempunya sayap yang lebar dan berat badan yang seimbang untuk bisa bertahan di udara dalam waktu yang lama. Burung ini mampu menempuh kecepatan yang sangat luar biasa yaitu 153 km/jam dan yang lebih hebatnya lagi, burung cikalang bisa gak menyentuh tanah hingga satu minggu. Benar benar spektakuler ya burung ini.


2. Burung Alap Alap Kawah


Dan diurutan kedua kali ini ada burung alap-alap kawah (Peregrine Falcon) ini merupakan  hewan tercepat di dunia. Dengan kecepatan yang mencapai 322 km/jam, Wah hampir setara denagn mobil F1 bukan. Kecepatan burung ini sudah mengalahkan hewan tercepat di darat yaitu citah. Tentu saja dengan kecepatan segitu, alap-alap kawah jadi burung predator yang menakutkan bagi mangsanya. 


3. Citah


Akhirnya, urutan berikutnya ada citah. Meskipun  tidak sebagai hewan tercepat didunia, namun citah adalah hewan tercepat di darat. Nah walaupun begitu, tentu predatornya juga harus berhati hati terhadap citah karena cita adalah salah satu predator di puncak rantai makanan. Citah juga merupakan mamalia predator yang jadi ancaman serius bagi mangsanya di padang rumput maupun hutan.



Citah memiliki kecepatan yang mencapai 98 km/jam dan ternyata citah juga memiliki kelemahan pasalnya meski citah adalah pelari cepat, namun citah bukan pelari jarak jauh yang handal. Dia hebat dalam serangan jarak dekat tapi tidak dengan jarak yang jauh.


4. Ikan Layaran 


Nah di nomor 4 ternyata berasal dari perairan yaitu ikan layaran atau Istiophorus platypterus. Ikan layaran merupakan ikan terceat di dunia dan dia mampu berenang dengan kecepatan mencapai 109 km/jam. Ikan ini mampu menempuh kecepatan tersebut karena ikan ini memiliki paruh yang lancip yang dapat membelah ombak.



Jangankan berenang, bahkan lari sekalipun kamu tidak akan sanggup  menyeimbangi kecepatan ikan ini. Dan tidak hanya itu iakn ini juga memiliki keunggulan lain yaitu memiliki punggung seperti layar tinggi yang membuatnya bisa sangat cepat sekaligus mengintimidasi ikan-ikan lain yang mendekat. 


5. Pronghorn antelope


Hewan yang satu ini memiliki kecepatan yang hampir sama dengan citah yaitu memiliki kecepatan 97 km/jam. Pronghorn antelope (Antilocapra americana) merupakan hewan tercepat di darat setelah cita. Dan kecepatan tersebut dimiliki untuk menghidari diri dari para predatornya



Dan ternyata predator adalah citah amerika yang telah lama punah. Pronghorn memiliki bantalan dan ujung kaki yang runcing untuk meredam hentakan. Selain itu hewan ini juga punya tubuh besar yang mendukung asupan udara. 


6. Singa


Nah diurutan terakhir ada sang raja rimba yaitu singa. Hewan yang satu ini memiliki kecepatan yang luar biasa yaitu 80 km/jam. Singa atau Panthera Leo pasti sudah pernah kamu lihat bukan yang ketangguhannya sangat luar biasa bahkan tidak hanya di dunia nyata namun juga di film animasi.  Singa merupakan predator paling mematikan di daratan.






Nah tadi itulah 6 hewan yang menjadi top tercepat di dunia menurut Afynanda. Gak ada satu pun yang bisa kamu kalahkan bukan. Hanya teknologilah yang mampu menyaingi kecepatan hewan tersebut. Dari hewan-hewan tercepat di atas, manakah yang menjadi favorit kamu? Berikan pendapat kalian di kolom komentar ya! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *