10 Hewan Terbesar Dunia di 2023, No 1 Melebihi Paus Biru Antartika

Posted on

Bumi merupakan tempat tinggal bagi makhluk hidup diantaranya yaitu manusia, hewan dan tumbuhan dengan wujud jenis dan ukuran yang berbeda beda, termasuk hewan. Hewan ada yag memiliki ukuran sangat kecil hingga berukuran sangat besar. Besar kecilnya hewan dapat dilihat dari panjangan, tingginya dan juga bobotnya. Nah dalam pembahasan kali ini kita akan membahas tentang hewan terbesar yang ada di dunia.


10 Hewan Terbesar Dunia di Tahun 2019


Inilah 10 hewan terbesar yang ada di dunia Sepanjang Sejarah  :


1. Hiu Megalodon


Sebenarnya hewan air yang satu ini sudah mengalami kepunahan. Dengan kata lain, ikan hiu jenis ini sudah tidak ada lagi. Hiu Megalodon sudah hidup pada zaman miosin tengah hingga pliosin akhir. Zaman itu sekitar 20 hingga 1,2 juta tahun yang lalu. Megalodon sendiri memiliki arti “Gigi yang besar”.Diperkirakan hiu Megaladon memiliki panjang sekitar 20 meter bahkan lebih besar sedangkan beratnya bisa mencapai 100 ton.

Hiu Megalodon tinggal dilaut pagian terdalam jadi bisa dibilang sangat sulit untuk ditemui.
Megalodon juga dijuluki sebagai raja lautan di zamannya. Ia hidup dengan memangsa mamalia dan hewan-hewan di lautan, seperti paus sperma, paus bungkuk, paus balin, chetorium, hingga dugong.



Menurut beredar kabar, Megalodon dikabarkan masih hidup hingga saat ini. Namun, belum ada cukup bukti yang meyakinkan keberadaannya saat ini. Jika pun benar ia masih hidup, kemungkinan besar jumlahnya akan sangat sedikit.




2. Gajah Laut


Nah diurutan pertama ada Gajah Laut yang termasuk kedalam jenis hewan karnivora yaitu pemakan daging dan hewan termasuk juga hewan buas. Dan gajah laut ini juga masih termasuk kedalam keluarga anjing laut. Dengan kata lain, Gajah Laut merupakan Anjing Laut yang berukuran sangat besar yang ukuran bobotnya bisa mencapai 4 ton.


3. Ular Anaconda


Anaconda merupakan jenis ular terbesar yang ada didunia, Nah walaupun ular ini tidak memiliki bisa tetapi jika melilit sudah bisa membuat manusia mati dan lalu ia akan memakannya. Ular anaconda sendiri sering dijumpai di Amerika Selatan, terkenal dengan memiliki kemampuan berenang yang baik. 


Ular Anaconda ini juga sangat ditakuti para predatornya pasalnya ular ini memiliki kemampuan bersembunyi yang sangat hebat. Letak mata dan hidungnya yang berada di kepala bagian atas, memungkinkan ular ini mengintai mangsa tanpa diketahui predatornya. Ular anaconda memiliki bobot 227 kg bahkan lebih dengan panjang mencapai 10 meter lebih.


4. Paus Biru


Paus biru atau blue while merupakan hewan terbesar didunia yang berada di wilayah perairan. Bobot paus biru ini bisa mencapai 180 Ton dengan panjang mencapai 30 meter. Paus biru ini adalah mamalia laut yang bisa dijumpai di samudra Antartika, samudra Pasifik, samudra Hindia dan juga samudra Atlantik.


5. Gajah Afrika


Memang benar sih gajah berukuran sangat besar tapi gajah yang berasal dari Afrika merupakan gajah yang unggulan dalam segi besarnya. Hewan darat terbesar di dunia ini yang berasal dari Afrika ini bisa sampai memiliki bobot mencapai 6,350 kg (6,35 ton) dengan panjang mencapai 10,6 meter. Menurut data dari World Wildlife Foundation, total populasi Gajah Afrika ini mencapai 700.000 ekor di tahun 2014 dan mungkin sekarag sudah lebih banyak.


6. Buaya Muara


Buaya Muara ini juga terasuk salah satu jenis hewan terbesar didunia yang ada di darat. Disebut Buaya Muara karena buaya ini hidup di sungai yang dekat dengan laut (muara). Dalam bahasa Inggris, Buaya ini disebut dengan Saltwater Crocodile, sedangkan kalaw di Indonesia disebut buaya muara atau buaya air asin. Bobot buaya muara bisa mencapai  1.360kg dengan panjang tubuh mencapai 6,3 meter. Buaya Muara juga dapat ditemukan di Asia Tenggara, Asia Selatan dan juga di Australia. Buaya Muara ini juga dinobatkan sebagai hewan reptile terbesar di bumi.


7. Jerapa


Jerapah merupakan hewan yang memiliki leher yang sangat panjang dan juga memiliki tinggi yang luar biasa. Jerapah dapat tumbuh tinggi mencapai 5,8 meter dengan berat hingga 2 ton. Ketinggiannya membuat Jerapah menjadikannya sebagai Hewan tertinggi yang hidup di darat. Jerapah sering ditemukan di benua Afrika.


8. Hiu Paus


Hiu paus  atau Rhincodon typus merupakan hewan terbesar yang masih hidup di dunia. Hiu ini dijuluki dengan sebutan whale shark, karena ukuran tubuhnya yang luar biasa besar dan kebiasaan makannya dengan menyaring air laut karena makanannya adalah plankton dan ikan ikan jenis teri. Hiu ini kemungkinan bisa ditemua di samudera tropis dan lautan yang beriklim hangat, dan fakta yang menarik hiu ini dapat hidup sampai berusia 70 tahun. Hiu paus ini sudah ada sejak 60 juta tahun lalu dan Hiu paus ini tidak termasuk jenis hiu yang berbahaya.



Ukuran paus ini sekitar 97 meter dengan berat mencapai 9 ton. Dan ada yang memiliki ukuran yang sangat besar yang pernah ditemui di Karachii, Pakistan yang panjangnya sekitar 1.265 meter dan beratnya lebih dari 21,5 ton, sementara lingkar badannya sekitar 21 meter.


9. Ubur – ubur Surai Singa


Ubur-ubur surai singa  atau Lion’s Mane Jellyfish merupakan salah satu jenis ubur-ubur beracun dan juga  terbesar. Meskipun ubur ubur ini ditakuti, namun penyelam yang pernah melihatnya mengatakan bahwa hewan invertebrata ini meruakan hewa paling cantik yang pernah mereka temui. Panjang ubur ubur Surai Singa ini bisa mencapai 36 meter dengan bobot yang mencapai 18 kg.


10.  Penyu Belimbing


Penyu belimbing  merupakan jenis penyu raksasa dan satu-satunya jenis dari suku Dermochelyidae yang masih hidup sampai saat ini. Penyu ini merupakan penyu terbesar di dunia dan merupakan reptil keempat terbesar di dunia setelah tiga jenis buaya.



Seperti spesies penyu laut lainnya, penyu belimbing terancam oleh pengambilan telurnya, perburuan penyu dewasa untuk diambil dagingnya, pengrusakan pantai tempat bertelur, dan kematian tidak sengaja karena tertangkap oleh kapal ikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *