Cara Install Custom ROM di Android Dengan TWRP dan Tanpa TWRP

Posted on

 

Kemampuan menggunakan ROM khusus adalah salah satu kesenangan terbesar di Android.

ROM khusus berisi sistem operasi Android yang benar-benar baru. Untuk dapat menginstal, atau mem-flash, seperti yang diketahui, ROM menawarkan manfaat yang sangat besar bagi smartphone Anda

  • Jika ponsel Anda tidak lagi mendapatkan pembaruan dari pabrikan, Anda dapat menggunakan ROM untuk mendapatkan Android versi terbaru
  • Untuk ponsel dengan perangkat lunak yang sangat disesuaikan, Anda dapat menginstal ROM yang memberi Anda sesuatu yang lebih dekat dengan pengalaman Android “stok”
  • Jika Anda menyukai fitur pada perangkat dari produsen lain, Anda sering dapat menemukan ROM yang mem-porting-nya ke perangkat Anda
  • Jika ponsel Anda lambat atau memiliki daya tahan baterai yang buruk, Anda dapat menemukan ROM yang dioptimalkan untuk kecepatan atau konsumsi daya.
Dalam panduan ini, kita akan melihat dua cara untuk mem-flash ROM kustom. Satu mengambil pendekatan manual, yang lain menggunakan aplikasi Android.

Sebelum Anda Memulai

Anda perlu melakukan sedikit pekerjaan persiapan sebelum dapat memulai. Untuk tujuan panduan ini, kami akan menganggap Anda sudah menyiapkan semua hal ini.

Anda memerlukan pemulihan kustom. Ini adalah bagian kecil dari perangkat lunak yang digunakan untuk membuat cadangan dan mem-flash ROM. Dalam panduan ini kita akan menggunakan TWRP. Pemulihan kustom biasanya diinstal saat Anda melakukan root.

Anda memerlukan bootloader yang tidak terkunci. Sebagian besar ponsel dikirimkan dengan bootloader yang terkunci, dan Anda harus membukanya sebelum dapat menimpa file sistem. Prosesnya dapat berbeda tergantung pada perangkat apa dan versi Android apa yang Anda gunakan, jadi periksa secara online untuk perangkat spesifik Anda jika Anda masih perlu melakukan ini.

Nyalakan USB Debugging. Di Android, buka Settings > Developer options dan nyalakan USB Debugging.


Nonaktifkan keamanan. Sebaiknya nonaktifkan pengaturan keamanan Anda sebelum Anda mem-flash ROM, terutama jika Anda menggunakan pemindai sidik jari.

Cadangkan data Anda. Kami akan membuat cadangan penuh selama proses flashing, tetapi juga nyaman untuk mencadangkan hanya data Anda menggunakan aplikasi Titanium Backup. Ini membutuhkan root.

Isi daya ponsel Anda, atau colokkan. Anda benar-benar tidak ingin ponsel Anda kehabisan daya di tengah proses flashing ROM.

Anda juga dapat memeriksa masalah umum ini untuk diketahui saat memasang ROM khusus.

Download Custom ROM

Anda juga memerlukan ROM khusus. Di sini, penting bagi Anda untuk memastikan Anda mendapatkan yang kompatibel dengan model persis ponsel Anda.

Jelas Anda tidak akan melakukan hal konyol seperti mencoba mem-flash ROM HTC pada ponsel Samsung, tetapi jika Anda memiliki ponsel Samsung versi AS, mungkin cukup mudah untuk mengunduh ROM yang dirancang untuk internasional. versi ponsel yang sama karena kesalahan. Ini mungkin sebenarnya diklasifikasikan sebagai ponsel yang berbeda. Pastikan Anda mendapatkan yang tepat!


ROM akan diunduh sebagai file .zip. Simpan di suatu tempat di penyimpanan internal ponsel Anda. Dengan sebagian besar ROM, Anda mungkin juga perlu mengunduh aplikasi Google (GApps) dalam zip terpisah.

Lakukan Flash Pada Custom ROM Melalui Recovery

Cara yang lebih disukai untuk mem-flash ROM adalah melakukannya secara manual melalui pemulihan kustom Anda. Ini sedikit lebih terlibat daripada menggunakan aplikasi, tetapi Anda mendapatkan kontrol penuh atas prosesnya dan kemungkinan terjadi kesalahan lebih kecil.


Matikan telepon dan boot ke pemulihan. Cara Anda melakukannya berbeda di setiap handset, tetapi biasanya melibatkan menekan kombinasi tombol daya, tombol beranda, dan/atau tombol volume, lalu mengikuti petunjuk di layar.

Cara Melakukan Flash  ROM

Setelah TWRP diluncurkan, Anda siap untuk mulai mem-flash ROM. Berikut langkah-langkahnya :
  1. Buat cadangan Nandroid. Inilah yang akan Anda gunakan untuk memulihkan telepon Anda ke keadaan sebelumnya, atau untuk memulihkan dari masalah apa pun. Go to Backup and select which partitions you want to save. Anda dapat memasukkan semuanya, karena memungkinkan untuk memilih bagian mana yang akan dipulihkan ketika saatnya tiba.
  2. Swipe the bar to get started, lalu tunggu beberapa menit hingga proses pencadangan selesai.
  3. Kembali ke layar beranda dan pilih Wipe. Geser bilah untuk mengatur ulang telepon Anda (itu tidak akan menghapus penyimpanan internal Anda). Atau, pilih Advanced Wipe dan pilih cDalvik/ART Cache and Cache. Ini menjaga data dan aplikasi Anda tetap utuh, tetapi dapat menyebabkan kesalahan dengan ROM Anda (ini disebut flash kotor).
  4. Kembali ke layar beranda TWRP dan pilih Instal. Arahkan jalan Anda ke tempat Anda menyimpan ROM (file zip).
  5. Klik file zip untuk memilihnya.
  6. Swipe the bar untuk mulai memasang.
  7. Setelah selesai, ulangi langkah 5-6 dengan zip GApps jika perlu.
  8. Setelah itu Restart
Jangan panik jika muncul macet di layar boot karena boot pertama setelah mem-flash ROM biasanya memakan waktu sedikit lebih lama dari biasanya.

Jika akhirnya menjadi jelas bahwa Android tidak bisa boot, lihat panduan pemecahan masalah kami untuk solusi yang memungkinkan. Setelah mengambil cadangan Nandroid, Anda harus selalu dapat memulihkannya agar ponsel Anda aktif dan berjalan dengan cepat.

Setelah ponsel Anda dihidupkan ulang, Anda harus memulihkan data dan aplikasi Anda (dengan asumsi Anda menghapus data seperti diuraikan di atas). Sebagian besar ROM sudah di-root sebelumnya, jadi jika Anda menggunakan Titanium Backup, itu akan berfungsi tanpa langkah tambahan apa pun.

Sekarang Anda siap untuk menikmati perangkat lunak baru Anda.


Cara Flash Custom ROM Menggunakan Aplikasi.

Jika semua itu terdengar terlalu berlebihan, Anda dapat menggunakan aplikasi di dalam Android untuk mem-flash ROM.

Yang terbaik untuk digunakan adalah FlashFire. Gratis dan mudah digunakan. Ini akan menangani seluruh proses untuk Anda . Anda bahkan tidak memerlukan pemulihan khusus.


FlashFire hanya berfungsi pada ponsel yang di-rooting. Untuk mengaturnya, Anda harus mengabulkan permintaan akses root saat Anda menjalankannya untuk pertama kali. Kemudian geser buka sidebar dari kiri, pilih Setting dan pilih Freeload. Ini mengaktifkan fitur lengkap aplikasi.

Cara Melakukan Flash ROM Menggunakan FlashFire

Setiap tugas di FlashFire dapat diselesaikan dengan sedikit lebih dari beberapa klik.
  • Klik ikon + di bagian kanan bawah layar untuk melihat opsinya . Choose Backup > Normal to create a standard backup (atau pilih Full untuk mencadangkan semuanya).
  • Tekan tanda centang di sudut kanan atas untuk memulai, lalu tunggu beberapa saat hingga pencadangan selesai.
  • Selanjutnya, pilih Wipe dan pilih bagian mana dari ponsel Anda yang akan dihapus. Data sistem, aplikasi pihak ketiga, dan cache Dalvik dipilih secara default, dan hanya ini yang Anda butuhkan.
  • Terakhir, pilih Flash ZIP atau OTA dan cari ROM yang diunduh yang telah Anda simpan di ponsel Anda.
  • Centang opsi Mount /system read/write, lalu tekan ikon centang untuk memulai. Untuk beberapa ROM atau zip yang dapat di-flash lainnya, Anda mungkin perlu memilih beberapa opsi lain juga. Lihat panduan pengguna FlashFire untuk informasi lebih lanjut.
Dan itu saja. Anda mungkin perlu mengulangi langkah 4 dan 5 untuk zip GApps, jika ROM Anda mengharuskan Anda untuk mengunduhnya secara terpisah. Jika Anda ingin memulihkan cadangan, buka bilah sisi dan pilih Cadangan.

FlashFire juga dapat menangani hal-hal seperti pembaruan OTA dari pabrikan ponsel Anda, atau add-on seperti Xposed Framework. Plus, itu tidak mengganggu akses root Anda, yang membuatnya menjadi alat yang sangat nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *