7+ Cara Mudah Memperbaiki Steam Yang Tidak Bisa Dibuka

Posted on

  

Steam adalah salah satu peluncur game PC terbaik, tetapi tidak kebal terhadap masalah. Satu masalah yang mungkin Anda alami dengan platform adalah tidak dapat masuk ke akun Anda. Mungkin itu mengklaim kata sandi Anda salah, memberikan kode kesalahan, atau hanya memuat tanpa henti.

Apapun situasinya, kami di sini untuk membantu Anda. Kami telah menyusun panduan ini yang merinci semua langkah pemecahan masalah yang perlu Anda ambil ketika Anda tidak dapat masuk ke Steam. Ikuti ini secara bergantian dan Anda akan kembali bermain game dalam waktu singkat.

1. Periksa Status Steam Anda

Kesulitan masuk Steam Anda mungkin karena server Steam mengalami maintanance atau sedang dalam pemeliharaan. Jika Steam sedang down, yang bisa Anda lakukan hanyalah menunggu server kembali beroperasi normal.

Sebagai port of call pertama, periksa halaman Steam Game and Player Statistics. Jika ada waktu henti yang dikenali, itu akan ditampilkan di halaman ini. Demikian pula, jika Anda mengalami masalah dalam mengakses situs web Steam, kecil kemungkinan Anda juga dapat masuk ke klien Steam.

Ada baiknya juga memeriksa situs seperti Downdetector. Ini bergantung pada laporan pemain untuk melihat apakah ada masalah yang tersebar luas atau terlokalisasi dengan Steam.

2. Restart Komputer Anda

Ini adalah langkah paling mudah dalam menyelesaikan masalah yang sederhana, tetapi ini adalah salah satu yang harus Anda ambil: restart komputer Anda. Mungkin ada beberapa konflik jaringan atau program yang menyebabkan Steam tidak membuat Anda masuk. Anda akan terkejut melihat seberapa banyak yang dapat diselesaikan dengan merestart.

3. Reset Password dan Akun Anda

Langkah penting yang harus dilakukan adalah memeriksa apakah Anda mencoba masuk dengan detail yang benar.

Sebagai permulaan, Anda harus menggunakan nama akun Anda. Ini tidak sama dengan nama tampilan atau alamat email Anda. Juga, mungkin terdengar jelas, tetapi pastikan Anda mengetikkan kata sandi yang benar. Periksa kembali Anda tidak sengaja mengaktifkan Caps Lock.

Jika masih tidak berhasil, Anda dapat memeriksa ulang nama akun Anda, mengatur ulang kata sandi Anda, dan/atau menghapus elemen yang memblokir akun Anda:

  1. Pada tampilan masuk Steam, klik I can’t sign in.
  2. Setelah itu muncul tampilan baru dan klik Help, I can’t sign in.
  3. Klik I forgot my Steam Account name or password.
  4. Masukkan alamat email atau nomor telepon Anda dan klik Search.
  5. Konfirmasi identitas Anda melalui email, aplikasi Steam Mobile, atau metode verifikasi apa pun yang diberikan kepada Anda.
  6. Anda akan melihat nama akun Anda ditampilkan. Dari sini, pilih opsi yang menghalangi Anda untuk masuk. Misalnya, Reset my password atau Remove Steam Guard Mobile Authenticator dan ikuti panduannya.
4. Nonaktifkan Program yang Mengganggu

Valve menyadari bahwa banyak jenis program dapat mengganggu Steam, dan merincinya di Steam Support. Ini termasuk, namun tidak terbatas pada :
  • Software  anti-virus dan anti-spyware
  • VPN
  • Firewall dan aplikasi keamanan lainnya
  • P2P dan klien berbagi file
  • Aplikasi FTP dan server web
  • Program penyaringan IP
  • Download program akselerator/manajer
Jika Anda memiliki salah satu dari jenis program ini yang diaktifkan di sistem Anda, nonaktifkan satu per satu dan uji untuk melihat apakah Anda dapat masuk ke Steam.

Ketahuilah bahwa beberapa program mungkin diluncurkan saat start-up tanpa Anda sadari. Tekan Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Pengelola Tugas. Pada tab Proses, centang semua proses yang berjalan dan Akhiri Tugas pada semua yang mungkin menyebabkan konflik dengan Steam.

5. Konfigurasikan Firewall Anda

Firewall mungkin menyebabkan masalah saat Anda mencoba masuk ke Steam. Untuk melihat apakah ini masalahnya, nonaktifkan firewall Anda untuk sementara. Jika Anda dapat masuk tanpa masalah, Anda telah mengidentifikasi penyebab masalahnya.

Di Windows, tekan tombol Windows + I untuk membuka Pengaturan dan pergi ke Update & Security > Windows Security > Open Windows Security.


Dari sini, pilih Firewall & network protection, pilih jaringan aktif Anda, dan geser Microsoft Defender Firewall ke OFF.

Untuk mengubah izin Steam, kembali dan pilih  Allow an app through the firewall.  Klik Change settings, temukan semua aplikasi terkait Steam dalam daftar, dan izinkan melalui jaringan Private dan Public. Setelah selesai, klik OK.

Valve juga merekomendasikan agar Anda mengizinkan executable berikut melalui firewall Anda, jalur lengkapnya akan bergantung pada tempat Anda menginstal Steam :
  • steaminstall.exe
  • steam.exe
  • hl.exe
  • hl2.exe
  • steamTmp.exe
Jika Anda sudah melihat ini terdaftar di firewall Anda, hapus. Kemudian, mulai Steam, masuk, dan firewall Anda akan membiarkan Anda mengatur izin untuk executable yang diperlukan.

Selain itu, periksa Dukungan Steam untuk daftar port yang diperlukan yang harus Anda buka di router atau firewall Anda. Valve mencatat bahwa banyak sekolah dan bisnis memblokir port yang diperlukan Steam, jadi konsultasikan dengan administrator jaringan Anda jika ini berlaku untuk Anda.

6. Pindai Virus dan Malware Anda

Mungkin ada semacam virus atau malware yang mengganggu klien Steam atau koneksi Anda dan membuatnya tidak dapat masuk.

Anda dapat memindai virus tanpa membeli perangkat lunak. Windows Security Defender sangat mampu menjaga Anda tetap aman dan hadir sebagai standar dengan Windows 10/11.

Tekan tombol Windows + I untuk membuka Pengaturan dan pergi ke Update & Security > Windows Security > Open Windows Security.


Setelah di sini, klik Pirus & threat protection > Scan options > Full scan > Scan now. Tunggu hingga pemindaian selesai. Mudah-mudahan tidak menemukan masalah apapun; jika ya, itu harus menyelesaikannya, setelah itu Anda dapat mencoba masuk ke Steam.


7. Hubungi ISP Anda

Menurut Valve, beberapa ISP diketahui memblokir Steam baik secara langsung atau selama waktu tertentu. Ini termasuk 012.net, Bluewin, Dutch Telecom, ISPFree, dan Micronet Broadband.

Coba masuk ke Steam di waktu yang berbeda setiap hari. Jika Anda menemukan bahwa Anda tidak pernah dapat masuk ke Steam pada malam hari, misalnya, kemungkinan ISP Anda mengganggu.

Dalam keadaan ini, Anda harus menghubungi ISP Anda secara langsung. Satu-satunya jalan Anda mungkin untuk mengubah penyedia. Atau, Anda dapat menggunakan VPN, meskipun ini juga dapat menyebabkan masalah masuk dengan Steam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *