Cara Setting DNS 1.1.1.1 di Android dan Windows Agar Browsing Lebih Cepat dan Aman

Posted on

  

Selama dua dekade terakhir, perkembangan teknologi telah meningkatkan kecepatan internet secara dramatis. Koneksi broadband dan serat telah menciptakan jaringan secepat kilat di mana bahkan media definisi tinggi dapat dimuat hanya dalam beberapa detik.

Itu tidak berarti tidak ada ruang untuk perbaikan. Mengubah pengaturan DNS Anda sering disebut sebagai salah satu cara termudah untuk mengoptimalkan kecepatan internet Anda. Jadi, mari kita lihat bagaimana DNS bekerja dan bagaimana mengubah pengaturan DNS Anda.

Apa Itu DNS?

Saat Anda memasukkan URL situs web ke browser Anda, itu perlu diterjemahkan ke dalam alamat IP situs untuk mengirim dan menerima data. Domain Name System (DNS) adalah padanan digital dari buku telepon, memberikan nomor (alamat IP) untuk nama yang diberikan (URL).

Misalnya, jika Anda memasukkan www.afyinfo.com ke browser Anda, server DNS menerjemahkannya menjadi alamat IP—dalam hal ini, 54.157.137.27. Dengan lebih dari satu miliar situs web saat ini online, tidak praktis untuk mempertahankan daftar sebesar itu. Sebagai gantinya, server DNS Anda menyimpan cache untuk berbagai situs web.

Jika Anda mencoba mengakses situs yang belum di-cache, maka server DNS Anda akan meminta entri dari server lain. Server DNS default Anda kemungkinan besar disediakan oleh ISP Anda dan tidak dijamin sebagai server dengan performa terbaik.

Berikut Adalah Cara Menyetting DNS di Android, Windows 10, 7, 8, macOS, iPhone

Meskipun ISP Anda kemungkinan memiliki server DNS sendiri, itu mungkin bukan pilihan tercepat yang tersedia. Sebagai gantinya, Anda ingin mengubah pengaturan DNS sistem operasi Anda. Ada tiga penyedia DNS alternatif terkemuka; DNS Google, OpenDNS, dan DNS Cloudflare.

 Setting DNS

Cara Setting DNS di Windows 10, 7, 8

Untuk mengubah DNS Anda di Windows 10, buka Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing  dan klik Change adapter settings di sisi kiri.

Ini akan membuka daftar semua perangkat jaringan yang tersedia. Anda akan terhubung ke internet baik melalui port Ethernet kabel atau melalui adaptor Wi-Fi. Tergantung pada pengaturan Anda, klik kanan perangkat yang terhubung ke internet dan pilih Properties.

Sorot opsi berjudul Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan klik Properties. Arahkan ke opsi Use the following DNS server addresses.

Di area ini masukkan alamat IP berikut, tergantung pada penyedia DNS yang ingin Anda gunakan :

Google DNS: 8.8.8.8, 8.8.4.4

Cloudflare IPv4: 1.1.1.1, 1.0.0.1

OpenDNS: 208.67. 222.222, 208.67. 220.220

Setelah dimasukkan, klik OK untuk menyimpan pengaturan ini. Anda akan kembali ke menu Properties. Dari sini, pilih Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6) dan klik Properties. Anda sekarang dapat mengulangi proses untuk server DNS IPv6.

Google DNS: 2001:4860:4860::8888, 2001:4860:4860::8844

Cloudflare IPv6: 2606:4700:4700::1111, 2606:4700:4700::1001

OpenDNS: 2620:119:35::35, 2620:119:53::53

Klik OK untuk menyimpan pengaturan DNS IPv6 Anda. Anda kemudian dapat menutup semua jendela pengaturan dan kembali ke penjelajahan internet biasa. Setelah Anda mengklik untuk mengkonfirmasi pengaturan tersebut, Anda akan mulai menggunakan server DNS baru Anda.

Cara Setting DNS di macOS

Untuk mengubah DNS Anda di perangkat macOS, buka System Preferences. Dari sana, klik Network > Advanced. Di halaman ini, navigasikan ke DNS tab. Tidak seperti di Windows, Anda dapat dengan mudah menambah dan menghapus server DNS menggunakan tombol + dan – di kiri bawah jendela. Setelah Anda mengklik ikon +, Anda dapat memasukkan alamat IP dari penyedia yang Anda inginkan.

Cara Setting DNS di iPhone

Misalkan Anda ingin mengubah server DNS Anda di iPhone, buka Settings > Wi-Fi.  Ketuk ikon ‘i’ di sebelah jaringan Anda yang terhubung. Ini akan membuka halaman pengaturan untuk jaringan nirkabel yang ingin Anda sesuaikan. Gulir halaman hingga Anda mencapai header DNS.

Ketuk opsi Configure DNS. Secara default, ini akan diatur ke Otomatis. Pilih Manual untuk mengaktifkan opsi lebih lanjut. Bidang Tambah Server akan muncul di bawah Server DNS. Ketuk tombol dan masukkan alamat IP dari penyedia yang Anda inginkan. Setelah selesai, ketuk Save di kanan atas layar.

Cara Setting DNS di Android

Langkah-langkah untuk mengubah DNS Anda di Android bervariasi tergantung pada perangkat Anda. Namun, untuk stok Android 9.0 ke atas, buka Settings > Network and Internet.

Ketuk panah untuk memperluas pengaturan Lanjutan. Secara default, bidang DNS Pribadi akan disetel ke Otomatis. Memilih opsi itu akan membuka jendela input. Ketuk Private DNS provider hostname. Di sini, Anda harus menggunakan nama host server DNS, bukan alamat IP, seperti di bawah ini;

Google DNS: dns.google.com

Cloudflare: 1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *