Cara Install Neofetch di Ubuntu, Debian, Mint, dan Windows

Posted on

 

Neofetch menampilkan logo ASCII dari distribusi Linux Anda bersama dengan informasi yang terkait dengan sistem Anda di terminal. Banyak pengguna Linux akan menggunakannya di screenshot desktop mereka hanya karena mereka pikir itu keren. Dan mereka benar. Anda dapat menggunakannya untuk memamerkan pengaturan Anda di tangkapan layar juga.

Cara Menginstall dan Menggunakan Neofetch di Linux 

Karena utilitas tidak terinstal di Linux, pengguna harus menginstalnya secara manual di sistem mereka. Pada akhir ini, Anda akan memiliki pemahaman yang baik tentang cara menginstal dan menggunakan Neofetch pada mesin Linux.

  • Cara Install Neofetch di Linux

Neofetch mudah dipasang, karena sebagian besar distribusi Linux memilikinya di repositori paket resmi mereka. 

1. Untuk menginstalnya di Debian atau Ubuntu menggunakan APT, masukkan yang kode berikut :

sudo apt install neofetch

2. Cara Installl Neofetch di Arch Linux juga mudah, masukkan kode berikut :

sudo pacman -S neofetch

3. Cara mengistall Neofetch pada distribusi berbasis RHEL menggunakan DNF, caranya :

sudo dnf install neofetch

Penting : Di CentOS, Anda harus menambahkan repositori EPEL sebelum menginstal Neofetch. Anda dapat melakukannya dengan mengetik sudo dnf install epel-release di CMD.

  • Dapatkan Informasi Sistem Menggunakan Neofetch

Untuk menampilkan informasi sistem, cukup ketik “neofech” di terminal. Anda akan melihat OS mana yang Anda jalankan, shell login Anda, versi kernel, waktu aktif (berapa lama sistem Anda telah menyala), lingkungan desktop dan window manager Anda jika Anda menjalankannya di GUI, tema Anda, CPU, dan GPU secara default.

Anda juga dapat menyesuaikan tampilan Neofetch dengan opsi baris perintah. Halaman manual memiliki daftar lengkap. Jika Anda ingin menonaktifkan tampilan merek CPU Anda, tambahkan –cpu-brand off ke perintah Neofetch :

neofetch –cpu-brand off

Anda dapat menyesuaikan tampilan Neofetch Anda dalam file konfigurasi. Neofetch akan menyalinnya ke file .config/neofetch/config.config di direktori home Anda. Wiki proyek memiliki info yang lebih luas tentang file tersebut, tetapi cukup jelas untuk mengetahuinya dengan melihatnya. Cukup ubah nilai “on” dan “off” dan simpan file untuk mengubah tampilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *