10 Rekomendasi Soundbar Terbaik dan Murah 2023

Posted on

 

Soundbar terbaik harus dimiliki jika Anda berinvestasi di TV besar dan speakernya tidak memberikan tingkat pencelupan yang sama seperti yang Anda dapatkan dari visual. Beberapa TV mungkin tidak memerlukan soundbar seperti TV terbaik kami untuk panduan suara. Tetapi bahkan TV terbaik di planet ini cenderung membutuhkan soundbar eksternal untuk audio yang lebih baik, terutama TV yang lebih murah. Jika Anda memiliki salah satu TV terbaik di bawah $500 atau TV terbaik di bawah £500, Anda akan mendapat manfaat dari keuletan ekstra soundbar.

Speaker bergaya soundbar telah menjadi sangat populer. Mereka tidak memakan banyak ruang seperti sistem pengeras suara yang lebih besar, dan merupakan cara yang relatif murah untuk meningkatkan pengaturan hiburan rumah Anda jika Anda tidak mampu membeli TV baru. Apalagi musim sale sudah dekat. Perhatikan panduan penawaran Black Friday kami, di mana kami akan menampilkan semua pengurangan terbaik menjelang hari besar penjualan. Kami tidak pernah tahu pasti, tetapi kami berharap banyak soundbar terbaik akan didiskon.

Kami telah menguji banyak soundbar dan sistem speaker selama bertahun-tahun, jadi kami di sini untuk membantu Anda menentukan opsi mana yang sesuai dengan waktu Anda, apakah Anda ingin membuat sistem home theater terbaik impian Anda atau hanya menginginkan soundbar terbaik di bawah 3 jutaan untuk meningkatkan suara TV Anda dan memperjelas ucapan.

10 Rekomendasi Soundbar Terbaik dan Murah 2023 :

1. Samsung HW-Q930B

Spesifikasi :

  • Dimensions : 1110.7 x 60.4 x 120.0 mm (W x H x D)
  • Speaker configuration : 9.1.4
  • Claimed audio power : N/A
  • Connections : HDMI input (eARC), optical in, Wi-Fi, Bluetooth

Soundbar terbaik adalah Samsung, tetapi modelnya yang sedikit lebih murah tidak selalu begitu cemerlang. Yang ini melawan tren, paling tidak karena menyertakan speaker belakang yang tidak dimiliki model sebelumnya. Itu membuat perbedaan besar pada panggung suara, dan dengan decoding Dolby Atmos dan DTS: X, ini memberikan audio yang sangat mengesankan dan imersif dalam film dan acara TV.

Loopthrough HDMI mendukung format HDR10+ dan Dolby Vision HDR serta resolusi 4K dengan kecepatan bingkai hingga 60Hz. Tidak ada dukungan untuk fitur 4K/120Hz atau kecepatan refresh variabel (VRR) yang sekarang dihadirkan oleh PS5, Xbox Series X, atau PC kelas atas, tetapi hal yang sama juga berlaku untuk hampir semua soundbar lain saat ini. Soundbar juga mendukung Q Symphony di TV Samsung yang kompatibel, dengan cerdas memasangkan speakernya dengan speaker TV untuk menghadirkan panggung suara yang lebih besar.

Soundbar ini tidak ideal untuk musik, tetapi benar-benar unggul di bioskop rumah: ini adalah soundbar sub-empat-angka paling imersif yang pernah kami dengar. Itu pernyataan yang cukup ketika Q990B tingkat atas sangat mengesankan, tetapi penghematan yang dilakukan di sini akan paling cocok untuk kebanyakan orang yang mencari sistem surround epik dengan sedikit kompromi. Jika Anda tergila-gila dengan film, ini adalah soundbar terbaik yang tidak akan merusak keuangan Anda.

2. Sony HT-G700

Spesifikasi :

  • Dimensions : Soundbar: 980 x 64 x 108mm (W x H x D); 
  • Subwoofer : 192 x 387 x 406 mm
  • Speaker configuration : 3.1
  • Claimed audio power : 400W
  • Connections : HDMI eARC x 1, HDMI input x 1, optical digital x 1, Bluetooth

Menurut kami Sony HT-G700 merupakan pilihan tepat untuk fitur, harga, dan skala suaranya. Ini adalah kombo soundbar dan subwoofer nirkabel, dan soundbar adalah ukuran yang bagus untuk TV 48 inci ke atas.

Seperti yang kami harapkan dari Sony, soundbar ini lebih dari sekadar stereo, sebagus itu. Ini mendukung format suara surround elit Dolby Atmos dan DTS: X, dan Sony menggunakan pemrosesan suara yang luar biasa dan sihir akustik untuk menciptakan dinding suara nyata yang membentang jauh melampaui batas layar TV Anda, tetapi dengan posisi dan arah suara tertentu yang meyakinkan. Ini mungkin tidak sebagus Sonos, tapi pasti ada di sana.

Sony tidak melupakan dasar-dasarnya. Subwoofer memberikan kedalaman bass yang tidak dapat ditandingi oleh Sonos Arc sendiri, dan ucapan sangat jelas bahkan dalam soundtrack aksi yang sibuk dan itu tanpa mengaktifkan mode penguat ucapan.

Kelemahan? Tidak ada saluran upfiring khusus, jadi kami menemukan kinerja Atmos sedikit kurang dibandingkan dengan Sony AV amp kami dengan speaker Atmos khusus. Dan jika kami benar-benar pilih-pilih, kami akan mengatakan bahwa itu juga sedikit kurang dinamis untuk ledakan tiba-tiba dan soundtrack yang membengkak daripada yang seperti Sonos Arc atau Samsung HW-Q800A – tetapi jauh lebih murah daripada keduanya. Jadi untuk harganya, ini adalah pengalaman paling sinematik yang bisa Anda dapatkan.

3. Sonos Arc

Spesifikasi :

  • Dimensions : 1141.7 x 87 x 115.7mm (W x H x D)
  • Speaker configuration : 5.0.2
  • Claimed audio power : N/A
  • Connections  : HDMI input (ARC), optical digital audio to HDMI converter, Bluetooth, Ethernet port, 802.11b,g Wi-Fi, Apple AirPlay 2, IR receiver

Sonos telah berhasil menjejalkan seluruh solusi suara surround ke dalam soundbar Arc-nya. Itu tidak murah, tetapi jika Anda sudah menjadi penggemar Sonos, kami pikir Anda akan menyukai cara soundbar ini menghasilkan suara surround yang sangat mengesankan.

Sonos Arc memanfaatkan codec suara TrueHD dan Dolby Digital Plus terbaru Dolby untuk menghadirkan audio lossless kualitas terbaik yang ditemukan pada disk Blu-ray canggih dan beberapa layanan streaming terkemuka. Ini kemudian meningkatkan lanskap suara 3D menggunakan trek objek Dolby Atmos untuk memantulkan suara tertentu dari dinding di sekitar Anda sehingga terdengar seperti datang dari semua sudut. Menurut kami, efeknya cukup meyakinkan dalam pengujian kami, dan meskipun tidak semenarik speaker overhead yang dipasang di langit-langit, pemasangannya jauh lebih mudah.

Kami juga menyukai penyiapan sederhana, yang melibatkan hanya beberapa langkah pada aplikasi ponsel cerdas, dan seperti yang Anda harapkan, mudah untuk menghubungkannya ke speaker Sonos lainnya. Sambungan kabel minimalis dan konstruksi sistem all-in-one menambah kesan simpel dan estetika yang ramping menjadikannya soundbar Dolby Atmos unit tunggal terbaik yang dapat Anda beli di tahun 2022.

4. Sonos Ray

Spesifikasi :

  • Dimensions : 559 x 71 x 95 (w x h x d)
  • Speaker configuration : 3.0
  • Claimed audio power : Not listed
  • Connections : 1x optical digital, Ethernet

Sonos mengesankan di ujung yang lebih murah dan juga yang lebih tinggi, dengan Ray – soundbar terkecil dan paling murah. Suara adalah peningkatan langsung dan jelas untuk TV yang lebih tua atau lebih murah yang dituju – kami mengujinya dengan set Sony kelas menengah dari beberapa tahun yang lalu, dan dialognya lebih jelas, skor film memiliki lebih banyak kehidupan dan drama, dan itu bahkan menghasilkan bass yang bagus untuk ledakan yang berdampak dalam film aksi. Dibandingkan dengan speaker internal TV 32 hingga 50 inci yang dituju, tidak ada persaingan; itu peningkatan besar.

Tentu saja, tidak sekuat soundbar yang lebih besar di sini. Itu tidak menawarkan lebar dan tinggi yang luas untuk audio seperti yang dilakukan Sony HT-G700 di atas, juga tidak sebagus memposisikan suara secara tepat di ruang angkasa. Dan secara keseluruhan kurang dinamis.

Tapi tidak apa-apa, karena itu tidak dibuat untuk orang-orang yang menginginkan pengalaman paling sinematik yang bisa mereka dapatkan. Ini dibuat untuk orang yang hanya menginginkan suara film yang lebih besar dan lebih lengkap, dengan ucapan yang lebih mudah dipahami. Dan ini adalah speaker nirkabel Sonos lengkap, jadi jauh lebih baik dengan musik daripada kebanyakan soundbar, termasuk Sony HT-G700.

Satu hal yang perlu diketahui adalah hanya menggunakan digital optik untuk koneksinya – tidak ada HDMI ARC. Ini berarti mungkin perlu mempelajari sinyal kendali jarak jauh Anda sebelum berfungsi, tetapi Sonos telah menjadikannya bagian dari proses penyiapan, jadi ini sangat mudah.

5. Samsung HW-Q990B

Spesifikasi :

  • Dimensions : Main soundbar 1232 x 69.5 x 138 mm / Subwoofer 220 x 413 x 410 mm / Rear speaker 129.5 x 201.3 x 140.4 mm (W x H x D)
  • Speaker configuration : 11.1.4
  • Claimed audio power : Not listed
  • Connections : 1x HDMI eARC, 2x HDMI input, 1x optical digital, Bluetooth, Wi-Fi

Samsung HW-Q990B adalah sistem soundbar Dolby Atmos kelas atas dari jajaran Samsung 2022, dan pada dasarnya ini adalah versi yang ditingkatkan dari Samsung HW-Q950A di atas. Seperti HW-Q950A, ini menghadirkan 11.1.4 saluran audio yang diarahkan ke sekeliling dan di atasnya, dihasilkan dari kombinasi soundbar, subwoofer, dan dua unit speaker belakang nirkabel.

Namun ada beberapa penyempurnaan dari model sebelumnya. Sebuah ‘lensa akustik’ baru pada subwoofer mendifusikan suara dengan lebih baik di sekitar ruangan, speaker belakang telah didesain ulang untuk lebih membantu ketepatan pengemudi yang bersemangat, sekarang ada kompensasi ruangan otomatis ‘Space Fit’ untuk membantu menjaga detail dalam suara saat itu memantulkan ke sekeliling, dan suaranya umumnya telah diubah dan direkayasa ulang.

Dan hasilnya adalah, dalam kata-kata ulasan kami, “Q990B menciptakan pengalaman suara surround paling bulat dan imersif yang pernah kami dengar bahkan dari soundbar Dolby Atmos terbaik.” Mereka mengarahkan bagian-bagian film berputar-putar dan tepat di atas Anda tak tertandingi. Ini sangat besar dan muluk dalam suaranya, tanpa terlalu berat – itu adalah palu godam yang berat dan pulpen yang cekatan, tergantung kebutuhan.

6. Samsung HW-Q800A

Spesifikasi :

  • Dimensions : Main soundbar 980 x 60 x 115mm / Subwoofer 403 x 210 x 403mm (W x H x D)
  • Speaker configuration : 3.1.2
  • Claimed audio power : 330W
  • Connections : HDMI input and output with eARC, optical digital audio input, Bluetooth, Wi-Fi

Tidak punya ruang untuk speaker belakang dan tidak ingin menghabiskan terlalu banyak uang? Samsung Q800A adalah paket luar biasa untuk mendapatkan suara Dolby Atmos yang benar-benar dapat Anda rasakan tanpa harus merogoh kocek yang besar. Ukurannya juga tidak terlalu besar – kami merekomendasikannya untuk TV 48 inci ke atas.

Salah satu alasan mengapa kami sangat menyukai soundbar ini adalah karena ia memiliki driver yang nyata. Artinya, ini dapat menghadirkan ketinggian Atmos yang lebih meyakinkan daripada bilah suara tanpa pengeras suara, dan kami menemukan bahwa panggung suara horizontal juga bagus dan lebar. Tambahkan beberapa bass yang mengesankan dan Anda mendapatkan pengalaman hiburan rumah yang ideal tanpa harus mengisi ruangan Anda dengan perangkat keras.

Ada juga beberapa trik berguna untuk pemilik TV Samsung baru: Anda dapat menggabungkannya dengan fitur pengoptimalan suara TV Samsung Q70A baru atau yang lebih tinggi, memungkinkan Anda mendapatkan suara yang lebih besar dan lebih jernih.

Namun, jangan khawatir jika Anda tidak memiliki TV tersebut: menurut kami Q800A lebih dari cukup untuk berdiri sendiri. Ini memberi Anda suara mengisi ruangan yang sangat imersif. Tepat, bertenaga, dan cukup dinamis untuk memastikan bahwa Anda merasakan bobot penuh dari setiap saluran 3.1.2 yang tersedia. Dan sebagai bonus tambahan, Anda dapat menambahkan speaker belakang nirkabel nanti jika Anda siap melakukan upgrade.

7. Sonos Beam (Gen 2)

Spesifikasi :

  • Dimensions : 69 x 651 x 100mm
  • Speaker configuration : 3.1.2
  • Claimed audio power : N/A
  • Connections : HDMI input (ARC), optical digital audio to HDMI converter, Bluetooth, Ethernet port, 802.11b,g Wi-Fi, Apple AirPlay 2, IR receiver

Jika Anda kehabisan ruang, Sonos Beam (Gen 2) adalah soundbar terbaik yang dapat Anda beli. Ukurannya yang ringkas berarti dapat dengan mudah ditempatkan di bawah TV Anda, apakah Anda meletakkannya di dudukan TV atau memasangnya di dinding, dan desain yang ramping berarti tidak akan terlihat aneh dengan dekorasi Anda. Ini cukup kompak untuk bekerja dengan TV 32 inci (hampir), tetapi sangat cocok dengan TV 40 inci hingga TV 50 inci.

Ini meningkatkan soundbar Sonos Beam asli perusahaan dengan Dolby Atmos virtual, kompatibilitas HDMI eARC, dan desain yang diperbarui.

Meskipun tidak memiliki tweeter yang kuat yang diperlukan untuk Dolby Atmos ‘sejati’ (dan sebagai hasilnya, kami menemukan ketinggian sonik tidak semenarik Arc Sonos), Sonos Beam (Gen 2) membanggakan panggung suara yang lebar dan kinerja audio yang imersif. Ini sangat detail, sangat dinamis untuk beralih antara keras dan sunyi secara tiba-tiba, dan sama bagusnya dengan musik seperti halnya dengan film.

Faktanya, Anda dapat mengalirkan musik ke sana melalui Wi-Fi (AirPlay 2 atau sistem nirkabel Sonos sendiri), dan berfungsi sebagai speaker pintar – memiliki Amazon Alexa atau Asisten Google bawaan (Anda dapat memilih yang mana).

8. LG S95QR

Spesifikasi :

  • Dimensions : 1200 x 63 x 135mm
  • Speaker configuration : 9.1.5
  • Claimed audio power : 810W
  • Connections : HDMI input, HDMI output, Optical, USB, Bluetooth 5.0, Wi-Fi, Apple AirPlay 2

LG S95QR, secara teknis, lebih dari sekadar soundbar, menghadirkan empat unit speaker terpisah dan jumlah saluran yang akan mempermalukan sebagian besar sistem berbasis pemisahan. Konfigurasi saluran 9.1.5 LG S95QR menunjukkan inovasi baru untuk soundbar andalan LG: speaker tengah yang menyala. Ini mendorong suara yang sama yang keluar dari speaker tengah yang lebih tradisional menghadap ke depan di bagian depan soundbar ke atas juga, dalam upaya untuk membuat dialog terdengar lebih seperti berasal dari orang yang berbicara di layar Anda.

Soundbar ini juga telah dirancang bersama dengan pembuat speaker kelas atas Meridian, dan menyertakan mode musik Meridian khusus yang mengonfigurasi ulang musik stereo untuk memanfaatkan lebih banyak saluran S95QR. Selama pengujian kami, kami menemukan bahwa hasilnya adalah pengalaman suara surround yang sebenarnya dengan rentang dinamis yang sangat besar dan panggung suara yang sangat lengkap yang membuat soundtrack film benar-benar ada di sekitar Anda—termasuk di atas kepala Anda. Dalam ulasan kami, kami menulis bahwa ini adalah soundbar terbaik yang pernah dibuat LG, kami juga mengatakan: “Ini adalah salah satu soundbar home theater paling memuaskan yang pernah kami lihat dari merek mana pun, titik.”

Satu-satunya kelemahan utama di sini adalah harganya. Dengan harga £1.699 / $1.499,99 / AU$1.749, ini masih merupakan nilai yang bagus untuk seberapa mengesankan suaranya, tetapi Anda dapat menemukan pengalaman serupa dengan harga yang jauh lebih murah dengan Samsung HW-Q930B di bagian atas daftar ini.

9. Bowers & Wilkins Panorama 3

Spesifikasi :

  • Dimensions : 65 x 1210 x 140mm
  • Speaker configuration : 3.1.2
  • Claimed audio power : 400W
  • Connections : 1 x HDMI eARC 1 x Digital Audio In (Toslink) 1 x RJ45 Ethernet 1 x USB-C (service connection only)

Jika Anda mencari alternatif yang meyakinkan untuk Sonos Arc dengan harga yang sama, kami merekomendasikan Bowers & Wilkins Panorama 3. Ini pilihan yang bagus. Soundbar yang tampak ramping ini menawarkan saluran suara sinematik 3.1.2, dukungan Dolby Atmos, dan banyak opsi kontrol termasuk panel peka sentuhan pada bilah itu sendiri.

Dalam pengujian kami, Panorama 3 mengasyikkan, kuat, dan dinamis tanpa mengorbankan suara Bowers yang alami dan koheren. Soundstagenya luas dan luas, meski kami merasa fitur Dolby Atmos bisa lebih meyakinkan; kami tidak merasakan ketinggian yang sama seperti yang Anda dapatkan dari soundbar Ambeo Sennheiser atau sepasang speaker overhead.

Tetap saja, performa Atmos memang membuat suara lebih tiga dimensi dan soundbar terdengar sama bagusnya untuk musik seperti halnya untuk film. Dengan Spotify Connect, AirPlay 2, dan Bluetooth (dengan aptX Adaptive), Anda juga memiliki banyak opsi konektivitas. Sayangnya tidak ada passthrough HDMI, tapi itu adalah momok kecil untuk soundbar yang kaya fitur.

Anda dapat menghubungkan Panorama 3 ke sistem multi-ruangan dengan Bowers & Wilkins Zeppelin, Formation, atau speaker Panorama lainnya – tetapi fitur ini hadir melalui pembaruan perangkat lunak, jadi kami tidak dapat menguji fitur tersebut untuk diri.

10. Devialet Dione

Spesifikasi :

  • Dimensions : 1200 x 77 x 165mm (w x h x d)
  • Speaker configuration : 5.1.2
  • Claimed power : 950W
  • Connectivity : 1x HDMI eARC, optical digital, Ethernet

Devialet Dione mungkin merupakan soundbar unit tunggal terbaik. Tidak ada subwoofer, tidak ada speaker belakang, cukup colokkan dan gunakan. Alasannya adalah Devialet telah mengemas delapan (!) driver woofer di sini untuk menciptakan bass yang penuh dan sedalam yang dapat diatur oleh subwoofer, dan itu benar-benar berfungsi. Itu berarti soundbar adalah yang terbaik, tetapi hanya selebar dan setinggi Arc Sonos (sebenarnya, ini lebih pendek dari Arc), jadi selama kedalamannya tidak menjadi masalah, itu akan tetap muat di kamar Anda.

Ia juga memiliki penutup speaker tengah bulat yang pintar, yang memungkinkan driver ini berputar, sehingga selalu menghadap Anda tidak peduli apakah Anda meletakkannya rata di atas meja TV, atau dipasang di dinding dalam posisi tegak.

Setelah mengujinya, kami mengatakan bahwa ini menghasilkan “panggung suara yang besar tetapi juga dibangun dengan indah dan seimbang yang didukung oleh kinerja bass terbaik yang pernah kami dengar dari soundbar yang tidak menggunakan subwoofer eksternal.” Kemampuannya untuk memposisikan suara treble pada titik yang tepat di ruang angkasa, sambil menopang semuanya dengan low-end tanpa arah (sebagaimana mestinya) sungguh mencengangkan.

Sayang sekali Anda tidak dapat menambahkan speaker belakang apa pun untuk suara surround asli, karena tidak dapat benar-benar membuatnya kembali, dan membuat frustasi untuk sesuatu yang begitu mahal untuk tidak menawarkan passthrough HDMI. Tapi jika menyangkut suara sendiri, ini sama premiumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *