Inilah Destinasi Warisan Budaya Dunia (Unesco) di Asia Tenggara Paling Bersejarah

Posted on
https://www.afyinfo.com/



Asia merupakan wilayah di dunia yang memiliki keindahan yang sangat luar biasa, Negara Negara di asia tenggara juga meiliki daya tarik untuk mengundang dunia dan mempelajari tentang kebudayaannya. 


Dan bahkan tidak sedikit kebudayaan yang ada di Asia Tenggara menjadi warisan budaya Dunia (Unesco). Kira kira kebudayaan apa sajaya yang mejadi warisan budaya Unesco paling bersejarah di Asia Tenggara (ASEAN). Berikut adalah ulasan tentang Destinasi Warisan Budaya Dunia (Unesco) yang ada di Asia Tenggara Paling Bersejarah.



1. Melaka and Geroge Town (Malaysia)



https://www.afyinfo.com/


Melaka and Geroge Town merupakan sebuah destinasi bersejarah Malaysia yang berupa sebuah kota kuno dan juga bersejarah. Dimana kota bersejarah tersebut memiliki luas sekitar 148 hektar, lokasi dari kota kuno tersebut adalah di Malaka, Semenanjung Malaya, Malaysia. Bangunan kuno ini sudah ada sejak beberapa abad yang lalu dan memiliki ciri khas peradaban gabungan budaya barat dengan budaya Malaysia.


Keindahan dari kota tersebut dapat dilihat melalui bangunan bangunan bersejarahnya yang sangat unik dan juga mendominasi dengan bangunan kuno. Di dalam kota bersejarah tersebut juga terdapat bangunan lain seperti Gereja, Gedung pemerintahan dan masih banyak lagi.


2. Candi Borobudur (Indonesia)

https://www.afyinfo.com/



Candi Borobudur merupakan destinasi andalan yang dimiliki Indonesia. Bangunan candi yang dibangun pada 750 Masehi ini merupakan simbol dari kegamaan budha yang ada di Indonesia. Candi Borobudur ini berada di Magelang, Jawa Tengah. Bangunan dari candi sangatlah bersejarah yang berbentuk kerajaan kuno dimana di setiap dinding bangunan dari kerajaan ini terdapat relief relief kuno yang bergambar tentang kebudayaan kuno daerah tersebut.


Diperkirakan ada sekitar 2672 relief yang tersebar di setiap dinding candi tersebut. Dimana relief tersebut menceritakan tentang kisah kisah kehidupan orang Budha dan juga perumpamaan tentang Buddhis. 


3. Angkor Watt (Kamboja)

https://www.afyinfo.com/



Angkor Watt juga merupakan destinasi yang berupa kerajaan kuno, namun kerajaan kuno ini berada di negara Kamboja. Bangunan kerajaan Angkor Watt ini dibangun pada 1130 – 1150 M yang dibangun oleh Raja Suryavatman ll. Angkor Watt sendiri memiliki ciri khas kerajaan yang berbentuk piramida atau kuil besar dengan luas sekitar 5000 kaki. 


Menurut orang Hindu di Kamboja Angkor Watt merupakan simbol dari alam semesta, seperti yang digambarkan oleh bangunan tersebut yang mana bangunan terlihat seperti parit yang lebar diibaratkan seperti lautan sedangkan daratannya digabarkan seperti Galeri Konsentris. 


4. Luang Prabang (Laos)

https://www.afyinfo.com/



Old Capital Renewed – Luang Prabang juga merupakan sebuah bangunan kuno bekas peninggalan koloneal Francis. Dimana bangunan ini memiliki panorima dan juga keindahan yang sangat menakjubkan. Bangunan bersejarah ini berada diantara sungai Mekong dan Nam Khan.


Dan di hari hari yang tertentu biasanya di tempat ini diadakan ritual pagi berupa sedekah, yang mana ritual itu bisa Anda lihat di jalan jalan utama yang ada di Laos. Selain bangunan tersebut yang menjadi daya tarik dari tempat ini adalah perayaan Bun Pi Mai yang merupakan prosesi perayaan adat patung Budha Prabang yang memiliki bobot sekitar kilo yang diangkat oleh biksu dari museum istana kerajaan ke kuil Vat Mai.


Berikut adalah informasi tentang destinasi destinasi kebudayaan yang ada di Negara Asia Tenggara, selain menjadi kebudayaan dan ciri khas dari negara di Asia Tenggara, tempat tempat tersebut juga mampu menarik para turis luar negeri untuk berkunjung ke Asia Tenggara dan tidak hanya disitu saja, tempat tempat tersebut juga termasuk ke dalam daftar destinasi Budaya dunia yang ada di Asia Tenggara. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *