4 Warisan Budaya Malaysia Yang Diakui Unescoa

Posted on
https://www.afyinfo.com/

APA Itu Budaya ?


Budaya merupakan Sebuah karya seni atau ciri khas dari suatu negara atau daerah tersebut, dimana kebudayaan tersebut dapat berupa lukisan, tarian ataupun tradisi.


Malaysia merupakan negara yang memiliki berbagai jenis ragam dan kebudayaan yang sangat unik dan hal tersebutlah yang membuat malaysia juga dijuluki sebagai negara dengan sejuta kebudayaannya.


Tidak sedikit kebudayaan yang ada di Malaysia dikenal warga luar negeri dan hal tersebut membuat salah satu kebudayaan terdaftar dalam warisan budaya Malaysia yang diakui Unesco (Dunia).


Kira kira kebudayaan apasaja yang termasuk dalam warisan budaya Malaysia yang diakui dunia, berikut adalah ulasannya :


1. Gunung Mulu National Park

https://www.afyinfo.com/



Gunung Mulu National Park merupakan salah satu destinasi terbaik yang ada di Malaysia, bahkan tempat juga menjadi daya tarik bagi pengunjung orang mancanegara untuk berkunjung ke Malaysia. 


Selain terlihat sebagai Gunung tempat ini juga memiliki taman yang sangat Indah tercatat bahwa Taman Nasional Gunung Muli ini seluas 52 ribu hektar. Ciri khas dari taman ini adalah yakni, sebuah Goa, Hayati dan juga Karst nya. 


Dimana Goa di taman Nasional Gunung Muli terjadi akibat lapuknya bebatuan disekitar gunung akibat iklim yang terbilang lembab. Dan yang lebih menariknya lagi goa tersebut merupakan goa terpanjang di dunia dengan kedalaman mencapai 600 meter dan telah dibuktikan oleh The Sarawak Chamber.


2. Kinabalu Park

https://www.afyinfo.com/



Kinabalu Park juga merupakan sebuah destinasi wisata Malaysia yang terletak di Sabah, Kalimantan, Malaysia. Taman seluas 75 ribu hektar ini merupakan wisata yang didominasasikan oleh gunung Kinabalu yang merupakan gunung tertinggi yang ada di AsiaTenggara. 


Dimana di gunung Kinablau tersebut terdapat habitat hewan hewan langkah, hutan hujan tropis serta hewan flora dan fauna yang ada di pegunungan tersebut mewakili spesies hewan yang ada di China, Australia, dan juga Himalaya.


3. Melaka and Geroge Town

https://www.afyinfo.com/



Melaka and Geroge Town merupakan sebuah destinasi bersejarah Malaysia yang berupa sebuah kota kuno dan juga bersejarah. Dimana kota bersejarah tersebut memiliki luas sekitar 148 hektar, lokasi dari kota kuno tersebut adalah di Malaka, Semenanjung Malaya, Malaysia. Bangunan kuno ini sudah ada sejak beberapa abad yang lalu dan memiliki ciri khas peradaban gabungan budaya barat dengan budaya Malaysia.


Keindahan dari kota tersebut dapat dilihat melalui bangunan bangunan bersejarahnya yang sangat unik dan juga mendominasi dengan bangunan kuno. Di dalam kota bersejarah tersebut juga terdapat bangunan lain seperti Gereja, Gedung pemerintahan dan masih banyak lagi.


4. Situs Arkeologi Lenggong Valley

https://www.afyinfo.com/



Situs Arkeologi Lenggong Valley merupakan sebuah destinasi wisata Malaysia yang berupa museum yang mana didalamnya terdapat situs situs benda benda bersejarah berupa kehidupan tentang makhluk hidup 2 juta tahun lalau. Museum ini terletak di Perak, Malaysia. Museum ini memiliki luas sekitar 399 hektar. 


Selain itu museum ini juga dinobatkan sebagai salah satu museum dengan jejak kehidupan manusia tertua yang ada di dunia. Jejak kehidupan di museum menceritakan tentang kehidupan di zaman Paleolitikum hingga zaman Logam. Dan hal ini juga banyak mengundang kontroversi dan tidak sedikit para peneliti yang ingin mempelajari tentang kehidupan di tempat tersebut.


Berikut adalah informasi tentang kebudayaan kebudayaan yang ada di Malaysia, selain menjadi kebudayan tempat tempat tersebut juga merupakan menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke Malaysia dan tidak hanya itu tempat tempat serta kebudayaan tersebut juga menjadi warisan budaya Malaysia yang di akui dunia (Unesco).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *