Daftar 5 Warisan Budaya Indonesia Yang Diakui Unesco

Posted on
https://www.afyinfo.com/



APA Itu Budaya?


Budaya merupakan Sebuah karya seni atau ciri khas dari suatu negara atau daerah tersebut, dimana kebudayaan tersebut dapat berupa lukisan, tarian ataupun tradisi.


Indonesia merupakan suatu negara yang memiliki sangat banyak kebudayaan dan bahkan dijuluki sebagai negara dengan sejuta kebudayaannya. Fungsi dari budaya tersebut selain untuk dipamerkan, kebudayaan juga menjadi daya tarik untuk memperkenalkan seni dan karya dari negara kita kepada orang orang luar negeri atau mancanegara. Selain itu orang orang dari mancanegara juga dapat mempelajari dan mengikuti kebudayaan tersebut. 


Namun apakah Anda sudah tahu bahwa ada beberapa kebudayaan dari Indonesia sangat diakui diakui dunia dan termasuk kedalam daftar 5 warisan budaya Indonesia yang di akui dunia, kira kira buadaya apa sajaya.


Berikut adalah Daftar kebudayaan Indonesia yang diakui (Dunia) Unesco :


1. Batik   

https://www.afyinfo.com/



Sudah tidak heran ya jika Batik menjadi salah satu budaya andalan Indonesia, pasalnya batik ini merupakan salah satu kerajinan yang sangat disukai oleh orang orang mancanegara. Salah satu kerajinan yang dihasilkan dari membatik adalah pakaian seperti baju dan celana. 


Tidak hanya disitu saja teryata batik juga merupakan salah satu budaya Indonesia yang diakui Unisco. Selain memiliki nilai jual yang tinggi batik juga merupakan kerajinan atau seni melukis yang dilakukan di media seperti baju dan celana. 


2. Wayang 

https://www.afyinfo.com/



Nah ternyata Anda sadari ternyata wayang kulit juga merupakan salah satu kebudayaan Indonesia yang paling diakui Unesce. Kesenian khas dari jawa ini memang sangatlah unik dan banyak memukau perhatian dari orang orang di luar negeri. 


Pada tahun 2003 Uesco telah menetapkan Wayang kulit sebagai warisan budaya Indonesia yang sangat berharga. Hingga pada saat ana acara pementasan wayang kulit sangat sering diadakan, terutama di Jawa. Wayang kulit biasanya ditampilkan di acara acara pernikahan, sunatan ataupun perayaan perayaan hari besar seperti perayaan hari ulang tahun Ibu kota Jakarta. 


3. Pencak Silat 

https://www.afyinfo.com/



Budaya Indonesia yang diakui Unesco selanjutnya adalah Pencak Silat. Pencak Silat merupakan karya seni bela diri yang berasal dari Indonesia, pencak silat sendiri juga memiliki aliran yang beragam dan jenis yang berbeda beda. Pada tanggal 13 Desember 2019 lalu pencak silat telah diresminkan sebagai salah satu kebudayaan Indonesia yang masuk kedalam daftar  Intergovernmental Committee UNESCO. 


Hal tersebut diresmikan oleh Madam Maria Lopez Sorzano yakni komite warisan budaya budaya Unisco yang ke 14 yang juga merupakan wakil menteri kebudayaan Colombia.


4. Keris 

https://www.afyinfo.com/



Nah jika Anda orang asli Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi bukan dengan keris, yang merupakan sebuah benda yang berbentuk menyerupai pedang namun memiliki bilah. Ternyata tanpa Anda sadari ternyata keris juga merupakan salah satu kebudayaan yang dimiliki Indonesai dan diakui Unesco. 


Keris resmi masuk ke dalam daftar Intergovernmental Committee UNESCO pada tahun 2005. Pada awalnya keris digunakan sebagai benda pusaka yang diturunkan turun temurun dari leluhur kita dahulu, hingga sekarang ternyata juga masuk kedalam harta budaya Indonesia yang diakui dunia. Keris biasanya digunakan sebagai media syarat seperti acara adat dan juga pernikahan. 


5. Gamelan 

https://www.afyinfo.com/



Nah alat musik yang kerap digunakan untuk upacara adat ataupun kesenian ini ternyata juga merupakan salah satu kebudayaan Indonesia yang diakui dunia. Gamelan resmi masuk kedalam daftar Intergovernmental Committee UNESCO pada tahun 2004. 


Gamelan merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul, yang apabila dipukul maka ia akan menghasilkan suara suara mendu. Gamelan biasanya digunakan untuk upacara adat, acara pernikahan, pameran dan juga untuk mengiringi tarian. 


Nah berikut adalah informasi yang tentang kebudayaan Indonesia yang diakui dunia, selain itu bahkan kebudayaan tersebut juga menjadi daya tarik dari negara Indonesia dan bahkan tidak sedikit orang luar negeri yang ingin mempelajari tentang kebudayaan yang ada di Indonesia. 


Dan bagi Anda yang orang asli Indonesia tolong jaga dan teruskan selalu kebudayaan kebudayaan dari leluhur kita agar kedepannya para cucu dan anak kita bisa terus melihat kebudayaan yang ada di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *