Cara Memindahkan Musik dari iPod ke PC/Komputer

Posted on
https://www.afyinfo.com/



Apakah Anda memiliki iPod lama yang duduk-duduk mengumpulkan debu? Mungkin masih ada musik lama yang tidak lagi Anda miliki dalam bentuk lain. Jika itu masalahnya, ambil pemutar musik lama Anda, karena Anda dapat mentransfer musik dari iPod Anda ke komputer Anda.


Untuk melakukannya, Anda hanya perlu mempertimbangkan iPod Anda sebagai drive eksternal tempat Anda dapat mengambil musik. Setelah diekstrak dari iPod, Anda dapat menambahkan musik ke perpustakaan iTunes Anda dan bahkan menyelaraskannya dengan iPhone Anda. Kami akan menunjukkan caranya. Berikut adalah cara untuk memindahkan musik dari iPod ke Pc/Komputer Anda.


Cegah iTunes Dari Sinkronisasi Otomatis dengan Perangkat Anda


Pertama, Anda harus memastikan Anda dapat mentransfer musik di iPod Anda tanpa iTunes menghapusnya saat menyelaraskan.


Saat Anda menghubungkan perangkat ke iTunes, musik di iTunes library Anda secara otomatis disinkronkan ke perangkat Anda. Anda tidak dapat mengunduh musik dari iPod ( iPhone atau iPad) ke iTunes. Jadi, jika Anda menyambungkan iPod ke iTunes, musik di perangkat akan ditimpa dengan apa yang ada di perpustakaan iTunes Anda.


Metode untuk mencegah iTunes dari penyelarasan secara otomatis dengan perangkat iOS Anda sebagian besar sama untuk Windows dan Mac yang menjalankan Mojave atau sebelumnya:


  • Pastikan untuk melepaskan semua perangkat iOS dari komputer Anda. Lalu, buka iTunes. Di Windows, buka Edit > Preferensi. Di Mac, buka iTunes > Preferensi.
  • Di kedua platform, klik tab Perangkat dan centang Mencegah iPod, iPhone, dan iPad dari kotak penyelarasan secara otomatis. Kemudian klik OK dan tutup iTunes.
Namun, Mac yang menjalankan macOS Catalina dan yang lebih baru menggunakan Finder alih-alih iTunes untuk menyinkronkan perangkat iOS. Karena itu, Anda harus membuka perangkat Anda di Finder dan hapus centang pada kotak Sinkronisasi otomatis ketika iPhone ini terhubung.

Salin Musik Dari iPod Anda ke Komputer Anda.

Sekarang, Anda dapat menghubungkan iPod Anda ke komputer Anda. Seharusnya ditampilkan sebagai drive di File Explorer di Windows dan Finder di Mac. Buka iPod drive dan arahkan ke iPod_Control > folder Music. Anda akan melihat banyak folder berlabel huruf F dan angka.

https://www.afyinfo.com/

Jika iPod drive Anda tampak kosong, Anda perlu mengungkapkan file dan folder tersembunyi di komputer Anda. Pengguna Windows dapat mengikuti cara mudah kami untuk menampilkan file dan folder tersembunyi di Windows. Bagi mereka yang menggunakan macOS, tahan Cmd + Shift + Periode untuk mengaktifkan atau menonaktifkan folder tersembunyi.

Pilih semua folder di iPod_Control > folder Musik dan salin dan tempel ke lokasi di harddisk Anda. Ini akan mentransfer musik Anda dari iPod Anda ke komputer Anda.

Semua file memiliki nama file empat huruf acak. Jika Anda menggunakan PC Windows, Anda dapat melihat tag untuk setiap file musik di File Explorer. Anda tidak akan melihat tag di Finder di Mac.

Nantinya, kami akan menunjukkan kepada Anda cara mudah mengubah nama file menggunakan tag.

https://www.afyinfo.com/

Setelah menyalin file, Anda dapat eject iPod dan melepaskannya. Pada PC Windows, klik kanan pada drive iPod di File Explorer dan pilih Eject. Pengguna Mac harus mengklik kanan ikon iPod di desktop dan memilih Eject.

Tambahkan Musik ke Perpustakaan iTunes Anda.

Setelah mentransfer musik dari iPod Anda ke komputer, Anda dapat mulai membuat penyesuaian. Pertama, tambahkan musik dari iPod Anda ke perpustakaan iTunes Anda di PC Windows atau Mac Anda. Perhatikan bahwa pada macOS Catalina dan yang lebih baru, perpustakaan musik Anda muncul di aplikasi Apple Music sejak iTunes tidak ada.

Secara default, pada Windows, menambahkan item ke perpustakaan iTunes Anda menciptakan referensi ke lokasi file saat ini. File asli tetap di lokasi saat ini. Jadi, jika Anda memindahkan file asli, iTunes tidak akan melihatnya lagi.

Anda dapat meminta iTunes untuk Windows membuat salinan dari setiap file dan menempatkannya ke folder media iTunes. Memindahkan file asli tidak akan memengaruhi musik di perpustakaan iTunes Anda.

Cara Memusatkan Musik iTunes Anda di Komputer Anda.

Buka iTunes untuk Windows dan pergi ke Edit > Preferences. Klik tab Advanced dan centang Salin file ke folder iTunes Media saat menambahkan ke kotak perpustakaan. Opsi ini dicentang secara default di iTunes untuk Mac (di Mojave dan sebelumnya).

Setelah diaktifkan, semua media yang ditambahkan ke perpustakaan iTunes Anda sejak saat itu akan disalin langsung ke folder media iTunes. Sekarang Anda tidak perlu khawatir tentang memindahkan file asli di tempat lain. Ingat saja media yang ditambahkan ke perpustakaan iTunes Anda sebelum mengaktifkan kotak centang itu masih menghubungkan ke file media asli.

Cara Mengatur dan Perluas Perpustakaan iTunes Anda.

Untuk mengatur folder iTunes Media Anda ke folder artist dan album, centang kotak Keep iTunes Media folder. Sekali lagi, iTunes / Apple Music untuk Mac mengaktifkan opsi ini secara default.

Jika Anda memiliki ruang, itu ide yang baik untuk menyalin semua file media Anda ke folder iTunes Media. Dengan begitu, mereka semua berada di satu lokasi dan mudah dicadangkan.

Untuk menyalin file media yang tersisa yang ditautkan ke perpustakaan iTunes Anda, buka File > Library > Organize Library. Pada kotak dialog Atur Perpustakaan, centang kotak Konsolidasi file dan klik OK.

https://www.afyinfo.com/

Untuk menambahkan beberapa atau semua musik dari iPod Anda ke perpustakaan iTunes Anda, buka File > Tambah File ke Perpustakaan atau File > Tambah Folder ke Perpustakaan di iTunes untuk Windows. Jika Anda menggunakan Mac, buka File > Add to Library. Kemudian pilih file atau folder yang ingin Anda tambahkan.

Anda juga dapat menambahkan musik ke iTunes dengan menyeret file musik dari File Explorer atau Finder ke jendela iTunes. Jika Anda menemukan diri Anda mengalami masalah saat memperbarui perpustakaan Anda, inilah cara untuk memperbaiki perpustakaan iTunes yang rusak.

Ubah atau Perbaiki Tag Musik.

Jika Anda perlu mengubah atau memperbaiki tag pada musik Anda yang baru ditambahkan, Anda dapat melakukannya secara langsung di iTunes / Apple Music. Anda dapat mengubah atau memperbaiki tag untuk satu lagu atau beberapa lagu sesuai kebutuhan.

Mengedit Tag Tunggal

Untuk mengedit tag pada Windows, klik kanan pada lagu dan pilih Info Lagu. Jika menggunakan Mac, tahan Control dan klik untuk memilih Info Album.

Pada kotak dialog yang ditampilkan, Anda akan melihat beberapa tab berisi informasi tentang lagu yang dipilih. Anda dapat mengedit item seperti judul lagu, artis, album, dan genre. Klik tombol di bagian atas untuk melihat dan mengubah informasi yang berbeda.

Untuk pergi ke lagu berikutnya dalam daftar, klik panah di bagian bawah kotak dialog. Setelah selesai mengedit tag, klik OK.

https://www.afyinfo.com/
Mengedit Banyak Tag

Anda juga dapat mengedit informasi umum untuk beberapa lagu secara bersamaan. Gunakan tombol Shift atau Ctrl (Cmd pada Mac) untuk memilih lagu yang ingin Anda edit. Kemudian klik kanan pada lagu yang dipilih dan pilih Dapatkan Info.

Kotak dialog konfirmasi ditampilkan. Jika Anda tidak ingin melihat kotak dialog ini setiap waktu, centang kotak Jangan tanya saya lagi. Klik Edit Item untuk melanjutkan.

Hanya tag yang berlaku untuk semua item yang dipilih yang ditampilkan di jendela. Klik tombol di bagian atas untuk mengakses berbagai jenis informasi. Edit tag seperti yang Anda inginkan dan klik OK.
https://www.afyinfo.com/
Buat Daftar Putar di iTunes

Jika Anda menggunakan daftar putar di iPhone Anda, Anda bisa membuatnya di iTunes dan akan disinkronkan ke iPhone Anda. Baik menggunakan Mac atau Windows, prosedurnya sama.

Untuk membuat daftar putar, pilih lagu yang Anda inginkan di daftar putar. Kemudian klik kanan pada lagu yang dipilih dan pilih Add ke Daftar Putar> New Playlist

https://www.afyinfo.com/
.
Untuk lagu yang serupa (seperti album), daftar putar dibuat menggunakan nama artis dan judul album sebagai namanya. Jika Anda membuat daftar putar dari berbagai lagu, Anda harus memasukkan nama khusus. Untuk mengubah nama daftar putar, klik judul dan ketikkan judul baru.

Anda juga dapat mengatur ulang lagu dalam daftar putar dengan menyeret dan menjatuhkannya ke posisi yang berbeda.

Transfer Musik ke iPhone Anda

Untuk mentransfer musik yang ditambahkan ke iPhone Anda, pastikan iTunes terbuka dan sambungkan perangkat Anda ke komputer Anda. Kemudian klik ikon perangkat di bagian atas jendela iTunes (pilih perangkat di Finder di macOS Catalina dan yang lebih baru).

https://www.afyinfo.com/

Jika Anda ingin menyinkronkan konten dengan cepat ke iPhone Anda, Anda dapat memiliki iTunes untuk menyinkronkan seluruh perpustakaan musik Anda. Atau, jika Anda hanya menyinkronkan item yang dipilih, hanya daftar putar, artis, album, dan genre yang akan disinkronkan. Jika Anda melihat pesan Ganti dan Sinkronkan, ingatlah bahwa iTunes library mengganti semua yang ada di iPhone Anda.

Untuk menyinkronkan seluruh perpustakaan Anda, klik Musik di bilah sisi di sebelah kiri di bawah Pengaturan. Kemudian pastikan untuk memilih Sinkronkan Musik di sebelah kanan dan pilih Seluruh perpustakaan musik.

Sekarang tekan tombol Terapkan di kanan bawah. Jika sinkronisasi tidak dimulai, Anda dapat menekan tombol Sinkronkan.

Cara Ganti nama File Musik

Setelah Anda mentransfer musik iPod lama, Anda dapat mengganti nama file yang disalin. Nama file empat huruf acak yang diberikan pada file yang disalin dari iPod Anda tidak deskriptif sama sekali. Di Mac, Anda tidak akan tahu apa lagu-lagu itu tanpa menambahkannya ke iTunes atau menggunakan aplikasi lain.

Anda dapat mengubah nama file secara manual, tetapi ada cara yang lebih mudah menggunakan alat gratis yang disebut Mp3tag. Ini adalah program Windows, tetapi dengan solusi Anda dapat menggunakannya di Mac juga.

Ganti nama file Anda dengan Mp3tag di Windows

Di Windows, unduh Mp3tag dan instal. Untuk menambahkan Mp3tag ke menu File Explorer, centang kotak Explorer Context Menu pada layar Choose Components selama instalasi.

Untuk mengganti nama file musik dari iPod Anda, pilih file di File Explorer. Kemudian klik kanan pada file dan pilih Mp3tag.

https://www.afyinfo.com/

Di dalam program, sorot lagu-lagu Anda. Pergi ke Konversi > Tag – Nama file atau tekan Alt + 1. Pada kotak dialog Tag – Nama file, masukkan string Format menggunakan placeholder untuk mengatur skema nama file Anda.

Sebagai contoh, lihat string Format pada gambar di bawah ini. Itu menciptakan nama file dengan nomor trek dua digit, judul lagu, nama artis, dan nama album.

https://www.afyinfo.com/

Jika Anda ingin membuat nama file Anda sendiri, Anda bisa menggunakan berbagai format penampung string yang tersedia. Pergi ke Help > Contens untuk mendapatkan lebih banyak info tentang mereka. Setelah manual terbuka di browser Anda, klik Renaming files based on tags di bawah Working with tags and file names.

Anda akan menemukan daftar placeholder yang dapat Anda gunakan dalam string Format. Gunakan ini untuk membuat nama file khusus untuk file musik Anda. Untuk bantuan lebih lanjut, lihat panduan lengkap kami untuk Mp3tag.

Berikut adalah pembahasan tentang Cara Memindahkan Musik dari iPod ke PC/Komputer secara lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *