10 Cara Tepat untuk Mempercepat Kecepatan WiFi Router

Posted on
afyinfo.com



Router yang bagus dapat membuat perbedaan besar pada kecepatan koneksi internet Anda. Tetapi jika Anda tidak memiliki uang untuk membayar pada model top-of-the-range, jalan lain apa yang terbuka untuk Anda?


Jika Anda ingin tahu cara mengoptimalkan pengaturan router untuk kecepatan atau cara membuat konfigurasi router terbaik untuk internet yang lebih cepat, berikut adalah rekomendasi Cara Tepat untuk Mempercepat Kecepatan Router :


1. Mengotomatiskan Jadwal Reboot


Sebagian besar router yang lebih baru tidak perlu di-boot ulang secara teratur. Namun, jika Anda pernah mengalami koneksi internet yang mati, me-reboot router Anda sering diperlukan untuk membuat Anda kembali dan berjalan.


Namun, jika Anda menemukan diri Anda me-reboot router dengan rutinitas apa pun, opsi firmware DD-WRT dan Tomat keduanya memiliki waktu opsi boot ulang. Setel untuk mem-boot ulang sekali sehari saat Anda tidur, dan Anda bahkan tidak akan pernah melihat waktu henti saat router mati dan mulai kembali.


2. Menggunakan Antena Baru


Antena pada kebanyakan router tingkat konsumen mengerikan. Antena aftermarket yang diperkuat adalah perbaikan besar dan cara sederhana untuk meningkatkan kualitas sinyal (dan dengan demikian meningkatkan kecepatan) tanpa perlu perangkat baru. Opsi aftermarket bertenaga dan diperkuat mulai dari sekitar $ 10 hingga $ 15, semuanya naik ke $ 100 yang rendah.


Extender range plug-in sedikit lebih mahal, tetapi mereka bertindak sebagai antena bertenaga dan repeater nirkabel dalam satu. Mereka dapat menawarkan peningkatan yang signifikan ke rumah-rumah dengan zona mati atau degradasi sinyal, tetapi jarak tempuh Anda dapat bervariasi.


3. Menonaktifkan Protokol Nirkabel



Bagaimana Anda mengoptimalkan pengaturan router untuk kecepatan? Salah satu hal pertama yang dapat Anda pertimbangkan adalah mematikan protokol nirkabel lama.


Router yang lebih baru pada protokol 802.11ac menawarkan kemampuan yang jauh melebihi banyak penawaran layanan ISP. Meskipun perute mungkin cepat, banyak perangkat Anda mungkin menggunakan protokol lama — seperti 802.11g — yang memperlambat seluruh jaringan segera setelah perangkat ini terhubung. Idealnya, Anda harus menghapus perangkat apa pun yang Anda lihat menggunakan protokol b atau g.


Protokol tercepat, dalam urutan tercepat ke paling lambat, adalah ac> n> g> b.


Konsultasikan dokumentasi router Anda untuk mengetahui bagaimana melakukan ini.


4. Ubah Lebar Saluran


Bagaimana dengan pengaturan router terbaik untuk meningkatkan kecepatan di jaringan lokal Anda? Misalnya, bagaimana Anda dapat membuat streaming video antara perangkat Anda lebih cepat?


Konfigurasi router terbaik untuk kecepatan lokal seringkali memerlukan perubahan lebar saluran. Semakin lebar lebarnya, semakin banyak perangkat yang lebih tua pada protokol lama akan mengalami gangguan.


5. Melakukan Perbaruan Router


Salah satu cara yang paling diabaikan untuk memaksimalkan kecepatan router adalah memastikan router Anda selalu menjalankan perangkat lunak dan firmware terbaru dari pabrikan.


Tentu, pembaruan biasanya merupakan perbaikan keamanan, tetapi mereka tidak akan tiba-tiba membuat router Anda menyala dengan cepat. Namun, setiap keuntungan tambahan dapat membantu. Jika Anda belum memperbarui dalam beberapa saat, Anda mungkin melihat lebih banyak dorongan dari yang Anda harapkan.


6. Letakkan Router Dilokasi yang Tepat


Ini bukan hanya tentang menemukan pengaturan router terbaik untuk internet cepat. Anda juga perlu mempertimbangkan di mana Anda menempatkan router di rumah.


Karena router bersaing dengan perangkat 2.4GHz dan / atau 5GHz lainnya di wilayah Anda, gerakan halus sering kali membuat dunia berbeda. Selain itu, bahan bangunan rumah Anda mungkin mengganggu sinyal nirkabel. Dinding beton padat sangat sulit untuk dilewati koneksi Wi-Fi.


7. Optimalkan Pengaturan Saluran Router 


Mari kita lihat lagi bagaimana cara membuat router lebih cepat dengan mengoptimalkan pengaturan.


Sudahkah Anda mempertimbangkan untuk mengubah saluran router? Ada banyak alat gratis yang akan memindai gelombang udara lokal Anda untuk saluran dengan gangguan paling sedikit. Mereka kemudian akan membuat saran tentang saluran mana Anda harus beralih.


Anda perlu mengubah saluran dari dalam pengaturan router. Sekali lagi, Anda akan mengetahui cara melakukannya menggunakan dokumentasi perangkat atau halaman bantuan online Anda.


8. Ganti Router ke Pita yang Berbeda


Rumah khas penuh dengan perangkat nirkabel. Untungnya, dengan router dual-atau tri-band, Anda akan dapat memisahkannya untuk memaksimalkan kecepatan.


Secara sederhana, Anda membuka jalur lain untuk lalu lintas jaringan. Sementara jalan satu lajur akan membawa Anda ke sana, dua (atau tiga) lajur lebih baik untuk semua orang yang terlibat.


Jika Anda memiliki router dual-band, Anda dapat menetapkan beberapa untuk band 5GHz tambahan (dan biasanya kurang ramai), alih-alih semua perangkat Anda bersaing untuk mendapatkan ruang di band 2,4GHz.


9. Ubah Nama dan Kata Sandi Jaringan Anda


Banyak orang yang mengerti teknologi masih menggunakan nama pengguna dan kata sandi default pada router mereka. Bahkan peretas menengah mampu meretas jaringan yang relatif aman dengan kata sandi non-standar.


Menggunakan kata sandi Wi-Fi yang kuat juga penting. Meskipun Anda mungkin melakukan pekerjaan yang hebat untuk membagi perangkat Anda menjadi band-band terpisah, memperbarui firmware Anda, dan mengganti saluran selama periode lalu lintas tinggi, itu semua adalah sia-sia jika tetangga Anda membonceng Wi-Fi Anda dan menggunakannya untuk torrent film semua hari.


10. Melakukan Instalasi Firmware yang Baru


https://www.afyinfo.com/



Banyak perute menjaga pengaturan ini agar relatif tidak terlihat sehingga Anda tidak mengacaukan apa pun. Meskipun ini bagus untuk sebagian besar pengguna, kadang-kadang Anda hanya ingin menyelam dan meretas pengaturan sampai Anda menjalankan router yang jauh melebihi label harganya.


Ada beberapa opsi firmware sumber terbuka untuk beberapa perute paling populer. Meskipun tidak setiap router didukung, tidak ada kekurangan pilihan yang bagus. Mereka dapat membantu Anda mempercepat router Netgear, menemukan pengaturan terbaik untuk router TP-Link, dan membuat hampir semua merek router berjalan lebih cepat.


DD-WRT, OpenWRT, dan Tomat membuat beberapa firmware pihak ketiga yang paling populer.


Ingatlah bahwa jika Anda tetap menggunakan perangkat keras ISP Anda, menginstal firmware baru bukanlah suatu pilihan. Itulah salah satu alasan mengapa ide bagus untuk mengganti router ISP Anda dengan router yang dibeli di toko.


Berikut adalah rekomendasi  10 Cara Tepat untuk Mempercepat Kecepatan Router, cara sudah dijamin berhasil, Jadi tunggu apalagi mari mencoba dan Anda tidak usah ragu lagi untuk mencoba cara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *