Cara Mengatasi Discord Update Failed

afyadm

https://www.gabuttech.com/

Cara Mengatasi Discord Update Failed :

Discord, sebagai platform komunikasi terkemuka, secara berkala mengalami pembaruan untuk meningkatkan fungsionalitas dan keamanan. Namun, pengguna terkadang menghadapi masalah saat mencoba melakukan pembaruan, dengan pesan “Update Failed”. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi penyebab umum dan solusi langkah demi langkah untuk mengatasi masalah Discord update failed.

Penyebab Umum Update Failed di Discord:

  • Koneksi Internet Tidak Stabil: Koneksi internet yang lemah atau tidak stabil dapat menghambat proses pembaruan Discord.
  • Firewall atau Antivirus Menghalangi Pembaruan: Program keamanan tertentu dapat menghalangi proses pembaruan Discord.
  • Cache Discord yang Rusak atau Penuh: Cache aplikasi yang berlebihan atau rusak dapat menyebabkan masalah pembaruan.
  • Konflik dengan Program Lain: Program atau aplikasi lain yang berjalan pada saat bersamaan dengan Discord dapat menyebabkan konflik pembaruan.
  • Hak Akses Terbatas: Izin terbatas pada perangkat atau akun pengguna dapat menghalangi pembaruan.

Solusi Langkah demi Langkah:

1. Periksa Koneksi Internet Anda

Pastikan bahwa koneksi internet Anda stabil dan tidak ada gangguan. Jika menggunakan koneksi Wi-Fi, coba sambungkan dengan kabel Ethernet untuk menghilangkan potensi masalah jaringan nirkabel.

2. Nonaktifkan Sementara Firewall atau Antivirus

Program firewall atau antivirus tertentu mungkin menghalangi pembaruan Discord. Cobalah menonaktifkan sementara program keamanan dan periksa apakah itu memecahkan masalah. Pastikan untuk mengaktifkannya kembali setelah menyelesaikan pembaruan.

3. Hapus Cache Aplikasi Discord

Cache yang rusak atau penuh dapat menyebabkan masalah pembaruan. Untuk menghapus cache:

  • Di Windows, buka “Run” dengan menekan Windows + R, ketik %appdata% dan tekan Enter. Pergi ke folder Discord dan hapus folder “Cache”.
  • Di macOS, buka Terminal dan jalankan perintah rm -rf ~/Library/Application Support/discord/Cache/*.
  • Di Linux, buka terminal dan jalankan perintah rm -rf ~/.config/discord/Cache/*.

4. Nonaktifkan Aplikasi Tambahan

Pastikan tidak ada aplikasi lain yang berjalan pada saat bersamaan dengan Discord yang mungkin menyebabkan konflik. Tutup semua aplikasi lain, lalu coba jalankan pembaruan Discord lagi.

5. Restart Komputer Anda

Sebuah restart sederhana dapat membantu membersihkan sementara masalah yang mungkin muncul. Setelah me-restart, coba jalankan pembaruan Discord lagi.

6. Perbarui Discord Secara Manual

Jika pembaruan otomatis tidak berfungsi, Anda dapat mencoba melakukan pembaruan manual. Kunjungi situs web resmi Discord dan unduh versi terbaru. Instal ulang Discord dengan versi terbaru untuk memastikan semua file dan konfigurasi terkini.

7. Hapus dan Instal Ulang Discord

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, pertimbangkan untuk menghapus sepenuhnya Discord dari perangkat Anda dan menginstal ulangnya. Pastikan untuk menyimpan informasi login Anda sebelum menghapus aplikasi.

8. Periksa Hak Akses File dan Folder

Pastikan bahwa akun pengguna Anda memiliki hak akses yang cukup untuk membaca, menulis, dan mengubah file dan folder di lokasi di mana Discord diinstal. Periksa izin file dan folder Discord dan sesuaikan jika diperlukan.

9. Periksa Pembaruan Sistem Operasi Anda

Pastikan bahwa sistem operasi perangkat Anda diperbarui ke versi terbaru. Pembaruan sistem operasi mungkin mencakup perbaikan yang dapat memengaruhi proses pembaruan Discord.

10. Gunakan Mode Pengembangan Discord

Jika pembaruan tetap gagal, Anda dapat mencoba menggunakan mode pengembangan Discord. Untuk mengaktifkannya, tambahkan argumen –no-sandbox pada pintasan Discord Anda.

11. Hubungi Dukungan Discord

Jika semua upaya di atas tidak mengatasi masalah, Anda mungkin perlu menghubungi dukungan Discord. Kunjungi situs web resmi Discord atau hubungi mereka melalui platform media sosial untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tips Tambahan:

  • Pastikan untuk menyimpan informasi login Anda sebelum melakukan langkah-langkah yang melibatkan penghapusan atau reinstalling aplikasi.
  • Periksa situs status Discord untuk memastikan bahwa tidak ada gangguan server yang sedang terjadi.

Kesimpulan :

Mengatasi masalah Discord update failed dapat memerlukan beberapa percobaan dan kesabaran, tetapi dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengidentifikasi dan memperbaiki masalah tersebut. Pastikan untuk mengikuti setiap langkah dengan hati-hati dan memeriksa apakah masalahnya teratasi setelah setiap tindakan. Dengan menggunakan panduan ini, Anda dapat memastikan bahwa Discord Anda selalu diperbarui dan berfungsi dengan baik, memungkinkan Anda untuk tetap terhubung dengan komunitas dan teman-teman Anda dengan lancar.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar